DENPASAR, BALIPOST.com – Pemprov Bali lewat Satgas Penanggulangan Covid-19 mengklarifikasi jumlah pasien positif Covid-19 di Bali. Hal ini disampaikan Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Bali, Dewa Made Indra, Sabtu (21/3).

Dalam keterangan pers, Jumat (20/3) disebutkan ada tiga tambahan pasien positif baru. “Sampel yang sudah keluar hasil uji laboratorium sebanyak 71 orang. Dari 71 orang ini, 68 orang dinyatakan negatif dan sudah pulang dari RS. Berikutnya, 3 orang dinyatakan positif. Ini adalah klarifikasi dari informasi yang saya sampaikan kemarin. Kemarin saya informasikan kasus positif 4 orang,” ujar Dewa Indra.

Menurut Dewa Indra, data kasus positif 4 orang dikoreksi karena satu pasien diantaranya berada di luar daerah. Tapi sebelumnya yang bersangkutan memang bertugas di Bali.

Kemudian dia pulang ke daerahnya dan mengalami demam. Ketika diperiksa ke RS, hasil uji lab menyatakan positif Covid-19. “Tetapi karena melaporkan kasusnya di luar Bali, maka datanya diubah. Jadi yang positif 1 orang ini datanya dipindahkan ke daerah lain,” jelasnya.

Baca juga:  Terkait Warga Tuakilang Positif COVID-19, Kasatgas Tabanan Sebut Sudah Dibawa ke RS Buleleng

Dengan demikian, lanjut Dewa Indra, kasus positif yang tercatat di Bali berjumlah tiga orang. Dua diantaranya sudah meninggal dan keduanya WNA.

Ia mengatakan seorang sudah dikremasi, 1 orang lagi saat ini jenazahnya masih di RS sedang dikoordinasikan antara pihak RS dengan konsulat jenderal yang merupakan perwakilan negara WNA tersebut di Bali. “Termasuk juga dengan keluarganya untuk mendapatkan kesepakatan tentang penanganan jenazah tersebut,” imbuhnya.

Dewa Indra menambahkan, secara akumulatif ada 95 pasien dalam pengawasan (PDP) di Bali atau bertambah lima orang dari data, Jumat (20/3). Sebanyak 24 PDP masih dirawat di RS dan menunggu hasil uji laboratorium. (Rindra Devita/balipost)