Bus disemprot disinfektan guna mencegah penyebaran Covid-19, Kamis (19/3). (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Puluhan armada angkutan jalan baik bus Antar-Kota dan Antar-Provinsi (AKAP) maupun Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Tabanan disemprot disinfektan di salah satu gudang di wilayah Kecamatan Kediri, Kamis (19/3). Sementara para awak bus diberikan edukasi PHBS oleh Kepala Dinas Kesehatan Tabanan.

Kepala Dinas Perhubungan Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama mengatakan, pengusaha transportasi baik barang maupun penumpang rentan terhadap penyebaran Covid-19, lantaran hampir tiap hari berinteraksi dengan masyarakat serta mobilitas keluar daerah dan tempat-tempat tertentu. Oleh karena itu, sterilisasi alat transportasi termasuk perlindungan diri terhadap awak bus baik sopir maupun kernet harus mendapat perhatian.

“Ini bentuk sinergitas melakukan pemutusan penyebaran Covid-19. Saya apresiasi pengusaha transportasi yang sudah mandiri melakukan SOP pencegahan penyebaran virus,” terangnya. Ia juga mengimbau tiap armada menyediakan hand sanitizer untuk penumpang sebelum naik melakukan sterilisasi tangan.

Baca juga:  Pemkab Siapkan SOP Pengelolaan Obyek Wisata di Pura Tirta Empul

Salah satu pemilik pengusaha transportasi, I Wayan Sutika, menyatakan mendukung program pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tiap armada dengan menyediakan sabun, air bersih dan hand sanitizer untuk penumpang. Diakuinya, sejak mewabahnya virus Corona, terjadi penurunan penumpang 5 persen. (Dewi Puspawati/balipost)