Petugas melakukan disinfeksi di Pelabuhan rakyat Kusamba. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Aksi pencegahan terus dilakukan Satgas Penanggulangan Covid-19. Satgas dari jajaran Sat Pol PP Provinsi Bali dan Sat Pol PP Pemkab Klungkung kembali melakukan aksi penyemprotan disinfektan di tiga pelabuhan rakyat di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Rabu (18/3) pagi.

Penyemprotan kembali diarahkan ke tempat ini, karena tempat tersebut dianggap memiliki mobilitas tinggi dalam melakukan aktivitas penyebrangan, baik oleh wisatawan mancanegara maupun masyarakat lokal.

Kepala Sat Pol PP Pemkab Klungkung, Putu Suarta, mengatakan Tim Satgas turun ke lokasi untuk melakukan aksi monitoring, edukasi dan sosialisasi PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat). Sekaligus melakukan pencegahan serta kesiapsiagaan menghadapi Covid-19 secara terpadu.

Aksi pencegahan dilakukan dengan penyemprotan disinfektan di areal Pelabuhan Tribuana, Pelabuhan Banjar Bias dan Pelabuhan Kampung Kusamba. Lokasi ini masih ramai, karena menjadi akses utama menuju Nusa Penida.

Aksi penyemprotan disinfektan di pelabuhan sudah dimulai pukul 09.00 wita, didukung oleh masyarakat setempat. Diawali dari Pelabuhan Tribuana, kemudian dilanjutkan ke Pelabuhan Banjar Bias dan terakhir di Pelabuhan Kampung Kusamba. Sebagai Anggota Satgas Penanggulangan Covid-19, Satpol PP juga mengecek suhu tubuh warga setempat di lokasi pelabuhan, membagikan masker hingga membagikan hand sanitizer bagi warga pelabuhan untuk cuci tangan.

Baca juga:  Manis Galungan Personel Amankan Objek Wisata

Ada sebanyak 100 masker, 20 sarung tangan, 2,5 liter Hand Sanitizer, 30 liter disinfektan, 3 alat semprot yang dibagikan langsung di lokasi setempat. “Di sana mobilitas penumpang tiap hari sangat tinggi. Jadi, kemungkinan potensi penyebarannya juga tinggi. Jadi, di sana harus dilakukan penyemprotan berulang kali,” kata Suarta.

Sebelumnya, aksi serupa sudah dilakukan di lokasi setempat, saat penyemprotan disinfektan secara serentak di seluruh Bali, belum lama ini. Saat itu, aksi penyemprotan dipimpin langsung Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, bersama Kapolres Klungkung, Dandim 1610/Klungkung, seluruh ASN dan warga setempat. Dengan aksi penyemprotan yang dilakukan secara rutin, diharapkan Covid-19 ini tidak sampai mewabah ke Klungkung melalui aktivitas penyebrangan di pelabuhan rakyat. (Bagiarta/balipost)