Petugas melakukan simulasi penanganan COVID-19 di RSUP Sanglah. (BP/dok)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Seorang warga negara asing (WNA) yang merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 di Karangasem dirujuk ke RSUP Sanglah. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, Minggu (15/3), pasien ini masuk ke rs di Karangasem pada Sabtu (14/3).

Ia mengatakan rencananya pasien akan dirujuk ke rumah sakit rujukan yang telah ditetapkan pemerintah Provinsi Bali. “Tadi pagi sudah persiapan. Sekarang mungkin sudah dirujuk ke rumah sakit rujukan Sanglah,” tegasnya.

Ia mengatakan pasien sebelumnya dirawat di rs swasta di Karangasem. Pasien mengalami gejala batuk, sesak nafas. “Pasien diduga tertular di salah satu negara yang terjangkit COVID-19. Pasien sudah ditangani. Dari hasil pemerikaaan tim medis, pasien sudah masuk pengawasan,” ucapnya.

Baca juga:  Marak WNA Lakukan Tindak Kriminal, Denpasar Lakukan Ini

Atas hal itu, pihak surveilans rumah sakit, sudah menelusuri tempat tinggal WNA itu. Termasuk, dengan siapa saja pasien sempat kontak. “Tim sudah menelusuri lokasi WNA tinggal. Termasuk kontak dengan siapa saja. Sekarang masih terus dilakukan pengecekkan itu,” paparnya. (Eka Parananda/balipost)