Personel Polres Karangasem ngayah mengangkut material untuk pembangunan tangga di jalur Pura Lempuyang Luhur melalui Pura Penataran Pucak Gunung Kembar Kenusut di Banjar Jumenang, Desa Bukit. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pembangunan tangga di jalur menuju Pura Lempuyang Luhur melalui Pura Penataran Pucak Gunung Kembar Kenusut di Banjar Jumenang, Desa Bukit, Karangasem, mulai digarap. Sabtu (7/3) lalu, ratusan anggota Polres Karangasam ikut membantu mengangkat material ke lokasi pembangunan.

Inisiator 1.000 Tangga Bahagia, I Putu Gede Mahendra Giri, Senin (9/3), mengatakan, proses pembangunan tangga dimulai dari jalan yang terjal yang ada di bagian paling atas. Saat ini baru dibangun tangga sepanjang beberapa meter.

Pengerjaan tangga dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan bahan-bahan yang diangkut ke lokasi. ”Kami juga melihat kondisi cuaca di lapangan. Bila cerah dan tidak hujan, pengerjaan tangga dilakukan. Kalau hujan lebat, terpaksa ditunda dulu,” ujarnya.

Baca juga:  Sehari, Gepeng Bisa Dapat Rp 300 Ribu

Ratusan personel kepolisian dari Polres Karangasem bahu-membahu bersama warga mengangkut material ke lokasi sebagai wujud dukungan pembangunan jalan berupa seribu 1.000 tangga dari pelataran Pura Bukit Kembar Kenusut menuju Pura Lempuyang Luhur.

Akses jalan menuju Pura Lempuyang Luhur melalui Pura Penataran Pucak Gunung Kembar Kenusut merupakan jalan tanah dan sangat terjal. Oleh karena itu pihaknya bersama-sama warga ingin membangun tangga. ”Ada empat jalan menuju ke pura, tapi kami bangun tangga dari sisi timurnya,” jelas Mahendra Giri. (Eka Parananda/balipost)