DENPASAR, BALIPOST.com – Puncak perayaan HUT ke-63 Astra International diperingati oleh Astra Motor Bali sebagai main dealer sepeda motor Honda wilayah Bali yang merupakan bagian dari Astra International tbk. Berlokasi di halaman gudang one gate Cokroaminoto pada Sabtu (22/2) diikuti oleh seluruh karyawan Astra Motor, perayaan diawali dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri, Mars Astra, dan Jinggle Astra Motor.

Pada perayaan tahun ini, Astra Motor Bali juga mengundang anak-anak dari SLB Negeri 3 Denpasar berpartisipasi menampilkan performance “Megambel” dengan gong yang telah disiapkan. Alunan gambelan dari anak-anak SLB memeriahkan suasana perayaan HUT ke-63 tahun ini.

Puncak perayaan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Region Head Astra Motor Bali yang selanjutnya diserahkan kepada kepala sekolah SLB Negeri 3 Denpasar. Pada kesempatan itu pula manajemen Astra Motor secara simbolis menyerahkan bantuan peralatan “Tabuh Megambel” untuk anak-anak Sekolah Luar Biasa sebagai sarana memperlancar proses belajar mengajar kesenian di sekolah.

Kepala Sekolah SLB Negeri 3 Denpasar, I Wayan Sumartawan mengatakan, sangat berterima kasih atas bantuan dari Astra Motor untuk anak didik yang notabene nya prioritas di bidang kesenian khususnya megambel. “Semoga bantuan ini menjadi penyemangat anak didik kami untuk terus belajar dan bisa menampilkan performance yang terbaiknya, apabila ada kesempatan lagi untuk tampil pada kegiatan Astra maupun kegiatan sekolah lainnya,” ungkap Wayan Sumartawan.

Selain penyerahan bantuan peralatan megambel, kegiatan social lainnya yang dilaksanakan pada HUT Astra ini adalah donor darah yang digelar di showroom Astra Cokroaminoto bekerjasama dengan PMI. Sebanyak 30 kantong darah terkumpul dalam kegiatan ini yang merupakan partisipasi dari karyawan internal, komunitas dan konsumen untuk melakukan donor darah.

Baca juga:  Danau Terdegradasi, Bali Kekurangan Air Baku

Dalam sambutan Presiden Direktur PT Astra International Tbk yang dibacakan oleh Region Head Astra Motor Bali, Wahyudi Saputra disampaikan konsen peringatan HUT ke-63 tahun ini adalah gerakan sosial “Semangat Kurangi Sampah.” “Kami mengajak seluruh karyawan Astra dan masyarakat luas untuk semakin peduli tentang bahaya sampah plastik sekali pakai. Melalui partisipasi manajemen, karyawan, dan masyarakat, kami berharap dapat menghadirkan solusi,” lanjut Wahyudi

Berbagai aktivasi Semangat Kurangi Plastik akan dilakukan. Salah satunya ialah aktivasi offline berupa pengumpulan dan pemilahan sampah plastik di Kotak Semangat Astra, sebuah kotak yang disediakan Astra dan Grup Astra untuk menampung plastik dari masyarakat.

Kotak ini akan tersebar di berbagai instalasi perusahaan-perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia. Aktivasi offline berikutnya ialah aksi sosial dan kampanye yang akan dilaksanakan di enam zona (laut, lingkungan bisnis Astra, Kampung Berseri Astra, sungai, pantai dan gunung) serta tiga aksi (bersih-bersih, koleksi dan pemilahan & penyaluran ke bank sampah).

Terdapat juga berbagai komunikasi dan aktivasi digital di akun media sosial Astra, yakni Instagram (@SATU_Indonesia), Youtube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu) dan Twitter (@SATU_Indonesia). Semangat Astra dalam mengurangi sampah plastik ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa. (kmb/balipost)