Atlet Kempo sedang bertanding. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Atlet balap motor dan kempo yang berebut tiket PON melebihi kuota. Atlet balap motor yang dijatah lolos PON hanya 61 pembalap, ternyata membengkak menjadi 146 pembalap.

Sementara cabor kempo kuota yang lolos PON cuma 120 kenshi, namun membeludak menjadi 161 kenshi. Kabid Binpres KONI Bali Nyoman Yamadhiputra, di Denpasar, Senin (17/2), menyatakan hal itu terungkap dalam rapat Chief de Mission (CdM) di Jayapura, Papua, 13-15 Februari.

Yamadhiputra menjelaskan, atlet PON kedua cabor bakal dirampingkan, namun hal itu wewenang dari induk organisasi masing-masing cabor di tingkat pusat. Pendaftaran entry by number dilaksanakan 20 Februari – 19 April.

Sementara pendaftaran entry by name berlangsung 20 April – 19 Juli mendatang. “Pendaftaran atlet PON wajib menggunakan E-KTP karena berhubungan langsung dengan Disdukcapil. Selain itu, atlet PON harus ikut program BPJS,” papar Yamadhiputra.

Baca juga:  Jelang Laga Porprov Bali di Tabanan, KONI Buleleng Siapkan Kuota Atlet

Dijelaskannya, PON Papua mempertandingkan 37 cabor. Sedangkan lokasi pertandingan atau venues tersebar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke. “Untuk upacara pembukaan dan penutupan PON dilaksanakan di Stadion Papua Bangkit Jayapura,” ungkapnya. (Daniel Fajry/balipost)