Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Bali I Ketut Kariyasa Adnyana minta Pemerintah RI dan Pemprov Bali secepatnya mengklarifikasi bahwa warga negara Tiongkok itu tidak terjangkit virus Corona di Pulau Dewata. (BP/rin)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali dinyatakan masih aman dari virus Corona. Meskipun satu warga Tiongkok positif Corona pernah datang ke Pulau Dewata sebelumnya, dilihat dari riwayat perjalanan, kemungkinan besar warga negeri tirai bambu itu tidak terjangkit virus Corona di Bali.

“Kalau perhatikan riwayat perjalanan wisatawan dimaksud sesuai penjelasan Kadiskes, saya optimis tidak terpengaruh,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bali I Putu Astawa, Kamis (13/2).

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Bali I Ketut Kariyasa Adnyana mengatakan, laporan pemerintah Tiongkok seperti yang dilansir di Weibo itu harus secepatnya diklarifikasi, baik oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Kesehatan maupun Pemprov Bali. Mesti ada data valid yang menjelaskan warga negara Tiongkok itu tidak terjangkit virus Corona di Pulau Dewata.

Baca juga:  Tabrak Lari, Pengendara Motor Tewas

“Sekarang kan yang dibesar-besarkan datangnya dari Bali, sedangkan kemungkinan besar dia kena setelah di Tiongkok,” jelas Politisi PDI-P itu. Kalau pun memang terinfeksi saat berlibur di Bali, juga harus dijelaskan sesuai data yang valid.

Kariyasa melanjutkan, langkah-langkah pencegahan mesti segera diambil karena itu berarti wisatawan tersebut tidak terdeteksi atau tidak menunjukkan gejala terjangkit virus corona saat di Bali. Bila melihat data terakhir, di Bali sebelumnya ada 10 pasien yang dirawat di Ruang Isolasi Nusa Indah RSUP Sanglah, namun seluruhnya dinyatakan negatif virus Corona.

“Harus diselidiki penyebabnya, terkena di mana. Itu dulu pastikan. Kedua, perhatikan juga agen yang membawa dia, termasuk travel dan guide-nya,” paparnya. (Rindra Devita/balipost)