Ilustrasi LRT. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rencana pengembangan tujuh jalur kereta ringan di Bali diharapkan memberikan kontribusi bagi wilayah Bali timur, dalam hal ini Kabupaten Karangasem. Dari presentasi yang dilakukan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, terkait pengembangan jalur kereta, Kabupaten Karangasem sama sekali tidak masuk dalam perencanaan.

Wakil rakyat asal Karangasem, Ni Putu Yuli Artini, SE., pun sempat mempertanyakan hal ini. Pasalnya, tujuh jalur kereta yang akan dibangun di Bali ini, hanya sampai pada wilayah Gunaksa Klungkung. Jalur transportasi kereta ini tidak ada melintas ke wilayah Karangasem.

“Dalam mempermudah pelayanan transportasi ini, diharapkan Karangasem juga dimasukkan menjadi pertimbangan pengembangan kereta,” ujarnya.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Bali, Ir. I Gde Samsi Gunarta, M. Appl. Sc., menjelaskan, untuk kabupaten Karangasem telah masuk dalam pertimbangan pengembangan. Diakuinya, meski dalam hal pengembangan jalur kereta ringan tidak masuk, namun ada hal lain yang akan mendongkrak perekonomian masyarakat di sana.

Baca juga:  Musim Hujan, KAI Waspadai 18 Titik Rawan Longsor

Ia mengatakan Pemprov Bali berencana membangun pusat seni dan budaya Bali di Gunaksa. Titik jalur Gunaksa nanti juga akan menghubungkan Kubutambahan. “Dengan aktivitas itu, nantinya akan menarik aktvitas kecil yang ada di sekitar wilayah tersebut, termasuk wilayah Karangasem,” katanya. (Agung Dharmada/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.