Sejumlah pangiring yang mengikuti melasti memeriksakan kesehatannya. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Memasuki hari kedua melasti Pengurip Gumi Pura Luhur Batukau, Kamis (30/1) siang, puluhan umat yang ngiring saat melasti serangkaian karya agung pangurip gumi mendapat perawatan tim kesehatan. Sebagian besar dari mereka mengalami kelelahan.

“Ada puluhan, tapi data pastinya saya tidak bawa. Yang banyak adalah pasien kelelahan. Ada juga yang sampai pingsan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dr. I Nyoman Suratmika.

Dari puluhan pasien, dua di antaranya harus dirujuk. ‘’Tapi mereka hanya dirujuk ke Puskesmas Rawat Inap Penebel dan sudah bisa pulang,’’ katanya.

Pos kesehatan di gedung kesenian Ketut Maria adalah yang paling banyak merawat pasien. Suratmika menyebutkan, sejauh ini pelaksanaan pamelastian berjalan lancar.

Baca juga:  Masuki Hari Ketiga Melasti Pengurip Gumi, Pangiring Dominan Alami Gangguan Kesehatan Ini

Pihaknya masih bisa menangani keluhan yang berkaitan dengan pangiring. “Ini baru hari kedua, masih ada dua hari lagi. Sampai hari ini aman, kita bisa cover. Mudah-mudahan tidak ada masalah besar sampai rangkaian melasti ini berakhir,” pungkasnya. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.