Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (22/1/2020). (BP/Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Wabah virus corona dari Wuhan, Cina, semakin mengkhawatirkan. Tentunya, kita tak ingin menderita penyakit pneumonia dari virus corona ini.

Sayangnya, ada beberapa orang yang memiliki risiko tinggi untuk terserang. Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M. Faqih pun menjabarkan ketiga kelompok berisiko tinggi itu.

Pertama adalah anak-anak. Menurut Faqih, bayi, balita dan anak-anak sangat rentan mengalami pneumonia. Ini disebabkan oleh rendahnya sistem imunitas tubuh yang dimiliki oleh mereka. “Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak imunnya masih rendah. Jadi risiko menderita penyakit apapun termasuk pneumonia ini tinggi,” katanya dikutip dari www.tempo.co.

Kedua adalah orang dewasa dengan imunitas yang menurun. Layaknya anak-anak, saat imunitas tubuh rendah, maka tubuh tidak dapat mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan termasuk dari virus corona penyebab pneumonia. “Tanda kalau imunitas tubuh rendah bisa dilihat dari badan yang lemas, tidak nafsu makan, gampang flu dan bersin-bersin,” katanya.

Baca juga:  Naker Bali di "Diamond Princess" Belum Juga Dipulangkan, Keluarga Cemas

Terakhir, orang tua yang memiliki riwayat penyakit seperti diabetes dan lupus juga berisiko tinggi. Menurut Daeng, kedua penyakit tersebut juga ditandai dengan daya tahan tubuh yang menurun. Untuk itu, ia pun berpesan agar setiap orang waspada dan menjalankan gaya hidup sehat. “Pokoknya perhatikan makanan yang dikonsumsi, seberapa sering kita cuci tangan dan menghindari pertemuan dengan orang yang sedang flu agar tidak terserang virus corona,” sebutnya. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.