Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada pukul 06.13 Wita wilayah Karangasem diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 3,4 SR.

Episenter terletak pada koordinat -8,48 LS dan 115,69 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km tenggara Karangasem, Bali pada kedalaman 13 km.
Menurut Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS dalam rilisnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal aktif.

Baca juga:  Tiga Wilayah di Bali Masih Tambah Kasus COVID-19

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Karangasem II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Ia juga menyebut tidak terjadi gempabumi susulan. “Hingga pukul 07.18 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas Gempabumi susulan,” ujarnya. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *