Pihak ASDP Pelabuhan Padangbai bakal memperbaiki dermaga II, sehingga harus ditutup sampai sepekan. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Padangbai, Manggis, Karangasem, akan menutup Dermaga II mulai Rabu (15/1). Penutupan direncanakan berlangsung sepekan karena dermaga rusak dan harus diperbaiki.

Manajer Usaha ASDP Pelabuhan Padangbai Windra Soelistyawan menyatakan, grafting dan gelagar dermaga II rusak akibat termakan usia. Proses perbaikannya diprediksi memakan waktu tujuh hari.

“Kami harap perbaikan bisa lebih cepat. Karena lebih cepat selasai, maka dermaga II akan lebih cepat dioperasikan kembali. Tapi itu tergantung cuaca di pelabuhan,” jelasnya.

Baca juga:  Cegah Banjir ke Permukiman, Diminta Jalur Sungai Butus Dinormalisasi

Dengan diperbaikinya dermaga II, pihaknya hanya mengoperasikan Dermaga I untuk melayani penyeberangan ke Pelabuhan Lembar, NTB. Dampaknya, jadwal penyeberangan mesti diubah. Bongkar muat penumpang juga dipercepat. Jika biasanya selama 90 menit, kini harus dipersingkat menjadi 45 menit untuk mengantisipasi terjadinya atrean panjang di pelabuhan.

Menurut Windra, meski hanya mengoperasikan satu dermaga, penyeberangan tidak akan terganggu. Sebab, selain mengubah pola penyeberangan dan mempercepat bongkar muat, pihaknya juga menyiapkan kapal-kapal berkapasitas besar untuk melayani penyeberangan ke Lembar. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Hindari Kecelakaan Saat Melaut, Nelayan Diberikan Pengetahuan Cuaca
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *