Kendaraan barang yang melakukan penimbangan dan pengecekan di Jembatan Cekik. Dari data yang dihimpun di awal pekan Januari ini pasokan Janur dan buah-buahan dari Jawa terus meningkat. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Pasokan Janur yang menjadi kebutuhan masyarakat Bali dari Pulau Jawa masih tinggi. Dari data yang dihimpun di UPPKB Cekik, Gilimanuk selama sepekan di awal Januari 2020 ini rata-rata 80 ribu kilogram per harinya. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat mendekati Hari Raya Galungan dan Kuningan, akhir Januari hingga awal Februari mendatang.

Data harian yang dihimpun dari kendaraan barang yang masuk di UPPB Cekik (jembatan timbang), untuk jumlah kendaraan pengangkut janur rata-rata per hari 16 hingga 23 unit kendaraan. Jumlah kiriman paling sedikit terjadi pada Jumat (3/1) dalam sehari hanya delapan unit kendaraan dengan total berat janur yang dibawa 36 ribu kilogram.

Selanjutnya terus mengalami peningkatan pengiriman hingga terakhir pada Selasa (7/1), tercatat ada 23 kendaraan dengan total 105.000 kilogram janur atau dalam sehari itu,  pengiriman janur mencapai 100 ton. Menurut salah seorang sopir yang ditemui di Pasar Umum Negara, pasokan janur sebagian besar dari Jawa Timur, seperti Situbondo dan Bondowoso.

Pasokan akan terus bertambah ketika mendekati hari raya di Bali, seperti Galungan dan Kuningan. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.