LDS memasang Jembatan Bailey dilaksanakan di Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Banjir bandang mengakibatkan jembatan putus sering terjadi di Bali, terutama daerah yang curah hujannya tinggi. Untuk itu Kodam IX/Udayana dengan pasukan Yonzipur 18/Yudha Karya Raksaka (YKR) rutin melaksanakan Latihan Dalam Satuan (LDS) memasang Jembatan Bailey untuk membantu mempermudah akses jalan sementara bagi masyarakat.

Menjelang akhir tahun 2019, LDS memasang Jembatan Bailey dilaksanakan di Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, sejak Selasa (17/12) dan digelar selama 10 hari. Pada Kamis (19/12), Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., melaksanakan peninjauan LDS tersebut.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav. Jonny Harianto G., S.I.P., Jumat (20/12) mengatakan, latihan tersebut melibatkan satu pleton prajurit dipimpinan Letda Czi Alba Deska. Selain dalam rangka pembinaan satuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit, latihan ini juga untuk membantu mempermudah akses jalan sementara bagi masyarakat setempat dalam melaksanakan kegiatan keagamaan dalam waktu dekat.

Baca juga:  Tanggap Darurat Gempa, TNI Kerahkan Alat Berat

“Saat Bapak Pangdam berada di lokasi latihan yang bertepatan dengan proses pelaksanaan pendorongan jembatan dari tepi dekat ke tepi jauh. Pada proses ini diperlukan tenaga ekstra karena selain berat, cuaca yang panas dan dihadapkan dengan kondisi medan latihan juga menjadi rintangan sendiri bagi para prajurit,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam Mayjen Benny Susianto memberikan pengarahan dan motivasi semangat kepada para Prajurit Yonzipur 18/YKR. Latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Zeni.

Bagaimana mereka memanfaatkan program latihan ini yang sekaligus hasilnya secara tidak langsung juga bermanfaat untuk membantu kegiatan masyarakat melalui fasilitas jembatan sebagai akses jalan. Hal inilah yang menjadikan latihan ini lebih luar biasa.

Pangdam berpesan supaya seluruh peserta memanfaatkan betul-betul momen latihan ini untuk mengasah kemampuan.

Kapendam mengungkapkan, Jembatan Bailey adalah jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi yang mudah dipindah-pindah (movable). (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.