Sebagai daerah tujuan pariwisata nomor satu di Indonesia, kasus pencemaran lingkungan masih marak terjadi di Bali. Mulai dari sampah plastik, pembuangan limbah ke sungai, dan masih banyak lagi.

Khususnya di daerah Seminyak, di tempat saya bekerja, The Oberoi Beach Resort Bali, tepat lokasi hotel diapit oleh dua  sungai kecil yang menuju ke laut (loloan), sejak beberapa tahun, sungai tersebut mengalami pencemaran limbah, yang menyebabkan bau menyengat, hingga bisa tercium sampai di area tempat saya bekerja.

Selain sangat mengganggu bagi wisatawan, bau tidak sedap ini sangat mengganggu orang-orang sekitar yang bekerja di area ini. Mohon pihak terkait bisa menangani permasalahan ini, karena masalah limbah, masih sangat pelik dan masih banyak tempat usaha/lahan pribadi yang membuang limbah mereka ke sungai.

Baca juga:  Atasi Polusi Udara, TPA Suwung Ditata Jadi "Green Belt"

Sedangkan sebagaimana diketahui, untuk setiap tempat usaha, diharuskan memiliki tempat pengolahan limbah (DSDP) atau septic tank sendiri, sehingga tidak berdampak pencemaran lingkungan. Marilah sebagai masyarakat Bali yang sebagian besar menggantungkan harapan di sektor pariwisata, kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan demi kepentingan bersama, dan masa depan yang lebih baik dan sehat.

Putu Sastra

Denpasar, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.