Kakorlantas Polri, Refdi Andri (kiri) dan Direktur Hubungan Lembaga BNI, Susi Adi Sulistyowati menandatangani kerjasama digitalisasi pembayaran PNBP Plat Nomor Cantik. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Korlantas Polri me-launching Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional (ROPILNAS) pada Rabu (6/11) pukul 19.30 di Karisma Grand Ballroom Discovery Kartika Plaza Hotel Kuta Bali. Launching tersebut merupakan rangkaian dari acara tahunan Korlantas Polri yaitu Rapat Kerja Teknis Fungsi Lalulintas Tahun Anggaran (TA) 2019 dengan tema “Polantas Promoter dalam mengimplementasikan Road Safety Policing menuju Indonesia Maju”.

Acara tersebut dihadiri oleh Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Refdi Andri, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Susi Adi Sulistyowati, Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo S, pejabat utama Korlantas Polri serta Ditlantas Polda se Indonesia dan undangan lainnya.

Dalam usianya yang ke-64 tahun, Korlantas Polri terus melakukan berbagai Inovasi, setelah sukses me-launching Smart SIM di bulan September lalu. Pada kegiatan Rakernis ini ditampilkan kembali berbagai inovasi digitalisasi yang dilakukan Korlantas Polri dalam rangka memudahkan layanan kepada masyarakat, salah satunya yaitu ROPILNAS (Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional). “Selama ini banyak masyarakat mengeluhkan kesulitan dalam mendapatkan Nomor Polisi Pilihan/NRKB pilihan. Berkat kerjasama dengan BNI, kami meresmikan inovasi baru yaitu kemudahan dalam pembayaran NRKB pilihan tersebut secara digital, agar lebih mudah, cepat, akurat, dan informatif,” kata Refdi di sela acara.

Kini masyarakat yang menginginkan plat nomor pilihan untuk kendaraannya, sangat mudah prosesnya yaitu cukup datang ke dealer mobil (untuk mobil baru) atau kantor pelayanan BPKB (untuk mobil lama) dengan menggunakan alat/Kios ROPILNAS yang tersedia di tempat tersebut. Pemohon bisa memilih nomor polisi/NRKB yang dikehendaki sesuai domisili/KTP.

Apabila nomor pilihan tersebut belum digunakan, pemohon langsung bisa mengisi e-form pada kios atau alat ROPILNAS dengan data diri seperti NIK, No HP dan Alamat Email. Kemudian pemohon akan memperoleh kode barcode booking nomor polisi dan nomor virtual account BNI untuk kemudian melakukan pembayaran melalui berbagai cashless banking channel, seperti Mobile Banking, SMS Banking, ATM & Teller atau Outlet BNI maupun bank lain.

Baca juga:  Ratusan Petani Tebu Lampung dan Jatim Dilatih Budidaya Tebu yang Benar

“Atas kerjasama dengan BNI, Inovasi layanan Registrasi Online NRKB Pilihan sudah berjalan di lima Polda, yaitu Jawa tengah, Sumatera Utara, Lampung, Riau dan Banten. Kemudian akan berjalan juga pada tahap dua di tahun selanjutnya pada 14 Polda dan yang tahap tiga 15 Polda. Pada akhirnya semua Polda sudah bisa menggunakan Registrasi Online NRKB Pilihan. Terimakasih kepada BNI yang terus mendampingi Korlantas dalam melakukan berbagai Digitalisasi Layanan kepada Masyarakat,” terangnya.

Direktur Hubungan Lembaga BNI Susi Adi Sulistyowati mengatakan, sesuai komitmennya, BNI siap mendukung upaya Korlantas POLRI yang terus melakukan inovasi digital guna meningkatkan layanan lalu lintas bagi masyarakat. Sehingga tercapai Road Safety bagi pengguna lalu lintas menuju Indonesia Maju. “Mulai saat ini kepada masyarakat yang menginginkan Nomor Pilihan untuk Kendaraan Bermotornya atau sering disebut Plat Nomor Cantik, silahkan memanfaatkan Sarana ROPILNAS yang ada di dealer Mobil dan atau kantor layanan BPKB setempat yang mudah, cepat, akurat, dan informatif,” tutup Refdi.

Susi Adi Sulistyowati juga menambahkan bahwa kehadiran ROPILNAS atau Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional yang diinisiasi oleh Korlantas POLRI, menjadi jawaban atau solusi terhadap permintaan masyarakat yang begitu mendambakan kemudahan dalam pembayaran saat menginginkan nomor pilihan untuk kendaraan bermotornya.

Pembayaran PNBP secara cashless merupakan pembayaran secara nontunai menggunakan kode bayar virtual account. Ini merupakan upaya mendukung program dan instruksi Presiden, Kapolri dan Korlantas polri yaitu untuk menghindari korupsi, perampokan, pencurian, dan uang palsu.

Bank BNI sebagai Bank Pemerintah yang selalu melakukan inovasi dan dengan mengusung digitalisasi dalam layanannya siap mendukung program-program digitalisasi Korlantas POLRI guna meningkatkan layanan lalu lintas dan juga kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan lalu lintas, seperti program Samsat Online, smart SIM, dan lainnya. (Citta Maya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.