Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bank bukanlah merupakan satu-satunya lembaga keuangan di Indonesia. Masih ada banyak bentuk lain dari lembaga keuangan ini, yang tergabung dalam LKBB atau Lembaga Keuangan Bukan Bank.

Walaupun sama-sama mengelola keuangan, tetap ada perbedaan antara LKBB dengan bank. Swara Tunaiku merangkum beberapa hal penting yang sebaiknya Anda ketahui sebelum menggunakan jasa LKBB.

1. LKBB Juga Bertugas untuk Menghimpun dan Menyalurkan Dana

LKBB merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana masyarakat, dengan mengeluarkan surat-surat berharga dan menyalurkannya dengan membiayai investasi di berbagai perusahaan. Dengan mengelola aktivitas keuangan, LKBB ikut serta membantu geliat perekonomian di Indonesia. LKBB dikelola berlandaskan Keputusan Menteri Keuangan No.280/KMK.01/1989.

2. Terdapat Beragam Jenis LKBB yang Ada di Indonesia 

LKBB tak hanya satu di Indonesia, namun ada beragam bentuknya. Anda tentu sudah familiar dengan lembaga keuangan seperti koperasi simpan-pinjam, pegadaian, asuransi, pasar modal, pengelola dana pensiun, dan pembiayaan. Semua lembaga ini berada di bawah payung LKBB. Keberadaan LKBB ini terutama sekali membantu perekonomian masyarakat menengah ke bawah.

3. Ada Beragam Jenis Layanan yang Bisa Didapatkan di LKBB 

Dikarenakan bentuknya yang beragam, Anda tentu bisa mendapatkan layanan yang berbeda jika menggunakan jasa LKBB. Jika sekiranya Anda butuh uang cepat, Anda bisa memanfaatkan jasa pegadaian dengan menjadikan barang berharga Anda sebagai jaminan. Ketika Anda butuh kendaraan tapi uang belum cukup, Anda bisa mengambil kredit motor yang ditawarkan leasing.

Namun, Anda juga harus tahu bahwa ada risiko tersendiri saat memilih untuk menggunakan jasa LKBB. Misalnya, jika Anda memutuskan mengambil kredit motor di perusahaan leasing, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar dibandingkan pengeluaran di bank. Namun, untungnya jika mengambil kredit di perusahaan multi finance ini, administrasinya sama sekali tidak memusingkan.

Baca juga:  Hidup Hemat, Hindari 10 Kebiasaan Ini

4. Jasa LKBB Lebih Mudah untuk Digunakan

Dikarenakan kebanyakan LKBB dikelola oleh perusahaan swasta, maka tentu saja mereka akan berlomba-lomba untuk menarik hati konsumen. Oleh karena itu, kemudahan dalam pengurusan seperti saat meminjam dana atau pun pengurusan kredit properti pun ditawarkan pada Anda. Anda tentu pernah mendengar kredit yang ditawarkan, dengan hanya menjadikan KTP sebagai jaminan.

Masyarakat pun semakin tertarik untuk menggunakan jasa LKBB, karena kecepatan dalam proses pengurusannya. Anda tak perlu antre lama menunggu giliran, seperti kondisi yang sering Anda temukan di lembaga perbankan. Hal ini dikarenakan banyaknya LKBB yang tersedia di tengah-tengah masyarakat, sehingga konsumen jadinya tak hanya menumpuk di satu LKBB yang saja.

5. Kredit yang Ditawarkan oleh LKBB Tak Merugikan Masyarakat

Dibandingkan dengan meminjam uang pada rentenir, tentu saja peminjaman di LKBB lebih baik dari segi hal apa pun. Jika melakukan peminjaman, mengajukan kredit, atau membeli asuransi di LKBB, Anda bisa mencicil pembayarannya sesuai dengan nominal yang disepakati. Anda bisa memilih nominal cicilan yang sesuai dengan pemasukan Anda sehari-hari.

Anda juga tak perlu takut dengan bunga dalam pembayaran kredit LKBB. LKBB menjadikan suku bunga Bank Indonesia, sebagai acuan bunga dari sistem kreditnya. Jadi, tak akan ada yang namanya kredit dengan bunga yang begitu besar dan sangat merugikan. Lain halnya jika LKBB yang Anda pilih, tak memiliki izin resmi untuk berdiri, sehingga bunga kreditnya pun asal-asalan.

LKBB atau Lembaga Keuangan Bukan Bank merupakan lembaga keuangan yang bisa Anda andalkan, selain dari lembaga perbankan. Terdapat beragam jenis LKBB yang ada di Indonesia, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan Anda. Tak perlu takut dengan kontrol atas LKBB, karena lembaga keuangan ini diatur dan diawasi langsung oleh pemerintah.

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.