DENPASAR, BALIPOST.com – Berhemat dan menabung rasanya jadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Ada banyak orang yang sangat berat untuk menabung karena memang tak terbiasa.

Namun, berbeda ceritanya bila kamu sudah terbiasa. Kamu tak masalah bila harus
menabung lebih banyak untuk kebutuhan masa depan.

Bagaimana cara agar menabung lebih banyak? Ini dia beberapa caranya
sebagaimana dilansir dari Swara Tunaiku.

1. Tetapkan Anggaran

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menabung lebih banyak adalah menetapkan anggaran dan tujuan
yang lebih jelas lebih dulu. Dengan begitu, kamu akan lebih hemat uang secara
otomatis.

2. Miliki Rekening Tabungan Berbeda

Ada baiknya, milikilah dua tabungan yang berbeda. Satu bisa ditarik dan satu tak bisa
ditarik. Ini adalah cara paling mudah yang bisa kamu lakukan agar bisa menabung lebih baik.

Salah satu cara yang bisa kamu ambil adalah tabungan berjangka. Tabungan ini tak bisa kamu ambil sewaktu-waktu sebelum jangka yang ditetapkan selesai.

Teknik penyimpanannya sebenarnya sama saja dengan sistem tabungan lainnya. kamu bisa melakukan sistem autodebet pada tanggal tertentu sesuai kesepakatan agar dana yang dimasukkan dalam rekening tabungan berencana. Apalagi, kamu bisa mendapatkan keuntungan karena bunga yang bisa kamu dapatkan cenderung lebih tinggi.

3. Menabunglah di Tanggal Gajian

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar bisa menabung lebih banyak adalah menabunglah di tanggal gajian. Kalau kamu bekerja dan memiliki gaji yang tetap, sisihkanlah uang kamu untuk ditabung di awal.

Jangan menunggu gaji kamu bersisa
lebih dulu sebelum menabung. Mengapa? Sebab, belum tentu uangmu nantinya
bersisa.

Tentu, ada keinginan kamu untuk memenuhi keinginan yang jumlahnya cukup besar dan ini akan membuat kamu memiliki sifat konsumtif dan boros. Namun, sebelum menabung di tanggal gajian, ada baiknya kamu catat semua kebutuhan kamu selama sebulan. Mulai dari membayar tagihan hingga kebutuhan untuk sehari-hari.

Baca juga:  Diare, Ini 5 Cara Mengatasinya

Sisa uang gajimu yang tak masuk dalam daftar tersebut, tabunglah. Namun ingat, buat daftarnya sesuai kebutuhanmu sehari-hari. Jangan sampai karena terlalu ingin menabung, kamu jadi terlalu pelit untuk diri sendiri. Ini juga tak baik karena kamu
sendiri yang akan susah nantinya.

4. Catat untuk Apa Saja dan ke Mana Saja Uang Digunakan

Ada baiknya, catatlah semua pengeluaran kamu. Catat untuk apa saja dan ke mana
saja uang itu dibelanjakan untuk memonitor semua transaksi keuangan yang dilakukan selama sebulan.

Dengan mencatat dan memonitor semua kegiatan keuangan, kamu bisa membuat anggaran yang lebih baik. Tak hanya itu saja, bila kamu mencatat semua pengeluaran yang ada, kamu bisa tahu di mana kamu telah melakukan pemborosan.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan penghematan di sektor tersebut. Memonitor pengeluaran ini sangat berguna untuk mengetahui seberapa boros sebenarnya dirimu sehingga bisa jadi orang yang lebih bijak dalam mengatur keuangan.

5. Tantang Dirimu Sendiri

Tak ada salahnya kamu menantang dirimu sendiri. Kamu pasti pernah melihat orang
berhasil menguruskan badan dalam waktu tertentu, kan?

Sebab, kebanyakan dari mereka telah mengikuti challenge sebelumnya. Nah, kamu bisa memotong pengeluaranmu dengan cara yang sama termasuk untuk kebutuhan sandang dan makanan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menabung lebih banyak ke depannya. Selain cara tersebut, tak ada salahnya kamu masak sendiri.

Masak sendiri bisa membuat kamu lebih hemat karena biaya yang dikeluarkan tak sebanyak membeli makanan jadi. Jumlah makanan yang didapat pun lebih banyak juga. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.