Kepala SMP Saraswati Ir. Ayu Arya Semerthi (kiri) bersama empat calon siswa baru. (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Pihak Yayasan PR Saraswati Tabanan akhirnya memutuskan agar keempat siswa baru yang mendaftar di SMP Saraswati Tabanan diserahkan kembali ke Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan. Selanjutnya oleh Dinas Pendidikan, keempat siswa tersebut dibawa ke SMPN 3 Tabanan.

Seperti disampaikan, Kepala SMP Saraswati Tabanan, Ir. Ayu Arya Semerthi, Kamis (18/7). Ia mengatakan dari hasil koordinasi dan rapat dengan pihak yayasan terkait kelanjutan pendidikan empat siswa baru yang mendaftar di SMP Saraswati pada Rabu (17/7) diputuskan oleh pihak yayasan agar keempat siswa tersebut diserahkan kembali ke Dinas Pendidikan Tabanan.

Hal ini tentu saja sangat disayangkan oleh para guru setempat, namun mereka tidak bisa berbuat banyak dan harus menerima keputusan tersebut. “Alasannya tanggung, kalau saja dapat 15 orang siswa, pasti kami akan jalan terus, kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas, beliau juga mengucapkan minta maaf, ” terangnya.

Bahkan sebelum diserahkan ke Dinas Pendidikan, pihak sekolah SMP Saraswati juga telah memanggil keempat siswa tersebut berikut orang tuanya untuk diberikan penjelasan terkait alasan kepindahan mereka. “Mereka mau menerima, namun ada juga yang sempat mengeluh, kenapa tidak jadi sekolah disini (Saraswati) saja, kami hanya jelaskan sesuai yang ada dan tidak bisa ngomong apalagi,” ucapnya.

Baca juga:  Menguji Integritas Ujian Nasional

Meski tahun ini, SMP Saraswati akhirnya memutuskan untuk tidak menerima siswa tahun ajaran 2019/2020, namun dipastikan tahun depan sekolah swasta pertama di Bali ini akan tetap membuka pendaftaran untuk tahun ajaran baru. “Tetap akan kami buka, karena SMP Saraswati tetap terdaftar di pusat,” terangnya.

Ayu Arya Semerthi mengatakan pihaknya bersama para guru lainnya akan tetap fokus membimbing siswa yang masih duduk di kelas 8 dan 9 untuk bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik. “Sementara kami fokus dengan dua kelas tersebut, memberikan pendidikan terbaik bagi mereka, apalagi belum lama ini siswa kami terbaik dalam OSN,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, I Made Darmawita, membenarkan jika pihaknya menerima empat siswa dari SMP Saraswati. Dan keempat siswa tersebut kemudian diarahkan untuk ke SMPN 3 Tabanan. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.