Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Generasi milenial saat ini tampaknya sudah sadar betapa pentingnya investasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa mereka ambil. Salah satunya adalah reksadana yang tentunya bisa mendatangkan keuntungan untuk kamu.

Sebenarnya, apa keuntungan dari investasi reksadana sehingga banyak milenial yang memilih investasi ini? Ini dia penjelasan sebagaimana dikutip dari Swara Tunaiku.

1. Modal yang Minim

Salah satu keuntungan berinvestasi dengan reksadana adalah kamu tak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk investasi. Yup! Modal yang kamu butuhkan untuk investasi di reksadana ini cenderung sangat minim, padahal hasil yang bisa kamu dapatkan maksimal.

Untuk memulainya, kamu bahkan bisa dengan menggunakan uang Rp10 ribu saja. Sangat minim sekali, kan? Apalagi, investasi reksadana ini cocok dilakukan siapa saja baik itu mahasiswa ataupun karyawan. Siapa yang tak mau coba investasi ini, coba? Sudah modalnya minim, mereka bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dari investasi itu.

2. Minim Risiko

Satu lagi keuntungan yang bisa didapat dengan memilih investasi reksadana. Investasi jenis ini cenderung minim risiko bila dibandingkan bentuk investasi lainnya. Dengan memiliki investasi reksadana, itu artinya kamu juga memiliki saham dari berbagai perusahaan mulai dari jumlah satuan hingga ribuan saham.

Reksadana ini salah satu bentuknya adalah saham. Keuntungan yang bisa didapat juga berbentuk saham yang risikonya juga mirip dengan investasi saham. Namun, jika kamu pintar, sebenarnya kamu bisa meminimalkan risikonya. Salah satunya, memilih reksadana dari beberapa perusahaan sehingga bila rugi di satu tempat, yang lain menutupi.

3. Lebih Aman

Selain itu, kamu yang berinvestasi dengan reksadana juga bisa merasa lebih aman. Sebab, dana yang diinvestasikan akan dipegang langsung oleh MI. Nantinya, dana tersebut akan dititipkan pada rekening bank khusus yang dikenal dengan kustodian. Danamu akan aman di sana dan tak akan dibawa lari oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Baca juga:  Menuju World Class Airport, LIA Butuh Investasi Rp 3,7 Triliun

4. Likuiditas Tinggi

Alasan kenapa banyak milenial memilih untuk investasi reksadana ini adalah likuiditas yang dimilikinya tinggi. Likuiditas sendiri adalah sebuah kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendek yang dimilikinya.

Kalau likuiditasnya tinggi, itu artinya kemampuan bayar perusahaan tersebut juga tinggi. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mencairkan kembali unit yang kamu miliki setiap saat.

Namun, untuk itu, tentu saja tergantung dengan ketetapan masing-masing perusahaan investasi reksanada, ya! Setiap perusahaan reksadana memiliki ketentuan masing-masing mengenai pencairan dana, baiknya kamu teliti dulu ketentuannya sebelum investasi.

5. Mudah dalam Pengelolaan

Keuntungan lainnya dari berinvestasi reksadana ini adalah kamu bisa mengelolanya dengan mudah meskipun kamu adalah pemula di bidang ini. Kok bisa? Padahal, jika berinvestasi, kamu tentu harus membaca pergerakan pasar, kan? Bisa. Sebab, nanti kamu akan dibantu oleh manajer investasi yang bertugas menganalisis pasar saham.

Dengan begitu, kamu tak perlu repot membaca pasar dan perkembangannya. Cukup lihat dan pahami apa yang diberikan manajer investasi kamu.

Selain itu, manajer investasi ini nanti juga akan membantu kamu mengenai langkah apa yang harus kamu lakukan agar nilai investasi yang didapat bisa lebih banyak. Oleh sebab itulah pengelolaannya sangat mudah.

Itu dia beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat dengan memilih berinvestasi reksadana. Jenis investasi ini sangat menjanjikan bahkan untuk pemula sekalipun. Kamu tertarik untuk mencoba? Jika ya, mulailah dari sekarang. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.