CEO Apple, Tim Cook. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Guna membahas investasi, Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook, bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (17/4) pagi. Tim Cook beserta para pendampingnya tiba di halaman Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 08.55 WIB.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Cook datang mengenakan setelan jas biru dengan celana berwarna senada. Setelah masuk ke kawasan Istana, berselang kemudian Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyusul untuk menghadiri rapat pertemuan.

Baca juga:  Presiden Jokowi Perintahkan BMKG Identifikasi Menyeluruh Dampak Perubahan Iklim

“Apple ini bagian dari bagaimana negara kita menarik investasi dan perhatian bagi ekosistem kemajuan teknologi ke depan,” kata Budi Arie di Istana Kepresidenan Jakarta.

Budi menegaskan pembahasan soal investasi Apple sebagai perusahaan raksasa teknologi terbesar asal AS tersebut dapat membuat Indonesia menjadi rantai pasok dunia terhadap produk tersebut.

Sementara itu, Menperin Agus Gumiwang menyatakan produksi ponsel (handphone) di Indonesia pada 2023 mencapai 49 juta unit, sedangkan impornya hanya sebesar 2,79 juta unit. Dari 2,79 juta unit ponsel yang diimpor itu, sebanyak 85 persennya berasal dari produk Apple.

Baca juga:  Malaysia akan Investasi di Indonesia Rp 120 Triliun

Menurut Agus, Apple merupakan pendekatan yang unik agar pemerintah dapat menciptakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) demi menciptakan nilai tambah untuk Negara.

“Oleh sebab itu kepentingan dari Indonesia tetap adalah menciptakan nilai tambahnya di Indonesia,” kata Agus. (kmb/balipost)

BAGIKAN