Selama libur Lebaran, Bank BRI melakukan sejumlah persiapan dalam melayani masyarakat. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Selama libur Lebaran 2019, Lebaran tahun 2019, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) memastikan kesiapan untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Selain menyediakan layanan yang konvensional BRI juga menyiapkan layanan e-channel dengan dukungan Teknologi.

BRI akan melakukan layanan operasional terbatas pada 30 Mei 2019 dan 3 – 7 Juni 2019. Menurut Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Osbal Saragi Rumahorbo, pada tanggal tersebut BRI juga menerima layanan penebusan BBM/Non BBM Pertamina, Pembayaran SPP Bulog, layanan pick up service PT. Pos, PT. ASDP, dan Garuda Indonesia.

Sedangkan layanan Visa On Arrival (VOA) dilayani oleh BRI setiap hari selama libur panjang Lebaran. “Layanan PT. Taspen dan ASABRI akan dilakukan pada tanggal 01 Juni 2019, dan layanan penerimaan PNBP POLRI pada tanggal 03 dan 07 Juni 2019,” katanya didampingi Pemimpin Wilayah BRI Denpasar, Ida Bagus K. Subagia, saat ditemui, Senin (27/5).

Meski tidak semua unit kerja BRI buka pada libur panjang Lebaran, kata Osbal, masyarakat diharapkan tidak khawatir. Masyarakat tetap dapat melakukan transaksi perbankan layaknya di Bank melalui 410.000 Agen Brilink di seluruh Indonesia dan ada sebanyak 24.245 Agen BRILink yang tersebar sampai kepelosok Bali, NTB, dan NTT. Sementara untuk wilayah Bali, ada sebanyak 10.505 Agen BRILink.

Diungkapkannya, selain melalui Agen BRILink, masyarakat juga bisa melakukan transaksi perbankan e-channel BRI seperti Mesin ATM, CRM, EDC, dll. Bank BRI memiliki 1.208 mesin ATM dan 190 mesin CRM di Bali, NTB, dan NTT yang buka selama 24 jam.

Untuk wilayah Bali, Bank BRI menyediakan 570 mesin ATM dan 111 CRM. Sementara, untuk pickup servis masuk ke masyarakat yang membutuhkan penjemputan uang selama liburan, BRI juga menyiapkan layanan teras keliling.

Menurutnya ada sebanyak 133 mobil-mobil teras keliling dan ada 57 e-Buzz di seluruh Indonesia. “Jadi hampir 200 mobil yang disiapkan selama Liburan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Baca juga:  Begini Kondisi Satpam Setelah Dikeroyok Perampok

Untuk menjaga availability dan realibility (keandalan) jaringan pihaknya memastikan itu harus benar benar terjaga. Untuk itu BRI membangun posko-posko baik di pusat, di Kanwil maupun di cabang. “Semua jaringan e-channel itu harus berfungsi dengan baik sehingga bisa memberikan kemudahan kepada para masyarakat yang akan mengakses layanan bank BRI,” tegasnya.

Pihaknya menegaskan kembali, bahwa layanan internet banking, ini juga menjadi andalan BRI. Bahkan tahun lalu Bank BRI yang menyediakan uang tunai hampir Rp 62 triliun, untuk tahun ini pihaknya menyediakan hanya sebesar Rp 48,2 triliun.

Ini berarti ada pengurangan, mengingat saat ini kesadaran masyarakat untuk menggunakan cashless sudah semakin baik. Dikatakan, masyarakat saat ini sudah tidak takut kalau nanti dia butuh uang atau kelebihan uang.

Karena mereka tahu bahwa saat ini sudah disediakan fasilitas ATM maupun CRM termasuk juga internet banking untuk membantu masyarakat, baik melakukan penarikan maupun penyetoran dan transfer. “Bank BRI sebagai bank besar ingin memastikan bahwa masyarakat bisa terlayani kebutuhan keuangannya selama liburan bukan saja mungkin di Bali tapi di seluruh pelosok tanah air karena kita memiliki jaringan yang sudah terkoneksi dengan baik,” ujarnya.

Pihaknya mengingatkan kembali kepada masyarakat, agar tidak ragu untuk menggunakan cashless, baik itu untuk pembayaran tol maupun pembayaran lain. Karena pihak BRI juga menyiapkan sejumlah posko untuk memberikan layana tersebut.

Untuk di Bali sendiri, BRI menyiapkan dua titik layanan posko mudik di Kanwil Denpasar. Yaitu di terminal kedatangan domestik Bandara Ngurah Rai dan satu lagi di Pelabuhan Gilimanuk yang dimulai 28 Mei – 4 Juni 2019.

Adapun layanan yg diberikan yaitu penjualan kartu Brizzi, top up Brizzi, mini ATM untuk pembayaran listrik, beli pulsa, bayar tagihan finance, traveloka dan lain sebagainya. Selain itu juga ada layanan kesehatan serta pemberian takjil gratis kepada 40 pemudik setiap harinya. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.