Wabup Suiasa saat menghadiri Pemilihan duta pariwisata Kabupaten Badung, Sabtu (27/4) di Ballroom Trans Resort Seminyak. (BP/istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemilihan duta pariwisata yang lebih familiar di telinga masyarakat sebagai ajang Jegeg Bagus tidak hanya sekedar ikut- ikutan tren dan gagah-gagahan serta seremonial saja. Namun, ajang Jegeg Bagus merupakan wadah dan ruang bagi kaum muda untuk mengekspresikan bakat intelegensi dan kemampuan serta kecintaannya kepada daerah, kearifan lokal yang bernafaskan adat seni dan budaya serta lingkungannya untuk pembangunan Badung dan Bali ke depan. Demikian disampaikan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa pada Pemilihan Duta Pariwisata jegeg Bagus Badung 2019, Sabtu (27/4) di Ballroom Trans Resort Seminyak, Kecamatan Kuta, Badung.

Hadir dalam acara tersebut, Kadis Pariwisata I Made Badra, Kepala Litbang Wayan Suambara, Kadis Pendidikan Ketut Widia Astika, Kadis Arsip dan Perpustakaan Ni Wayan Kristiani, Ketua Gatriwara Ayu Parwata, dan Dinas terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. Untuk tim juri adalah  Prof. Dr. I Yoman Darma Putra, M.Litt., Dr. Ni Made Eka Mahadewi, S.Pi., M.Si., Ni Nyoman Ayu Andriani, SH, MH., Komang Rahayu Indrawati, S.Pi, M.Si., Dr. dr. Dyah Pradnyaparamita Duarsa, MM, M.Si., Putu Suprapti Santy Sastra, Prof. SH, CHt., Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Badung, Anak Agung Gede Agung Rahma Putra, S.Sn.,M.Sn., dan Ni Wayan Pratiwi Dewanti.

Wabup Suiasa dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung sangat mengapresiasi pemilihan Jegeg Bagus yang menjadi duta pariwisata Kabupaten Badung. Pemilihan ini sudah berjalan 15 kali. Harapannya, semoga pelaksanaan ini dapat berjalan obyektif dan yang terpilih merupakan Jegeg Bagus yang terbaik dari semua peserta.

Kegiatan ini, kata Suiasa, sejalan dengan upaya pemerintah kabupaten Badung dalam membangun manusia seutuhnya yang sehat jasmani dan rohani, berakhlak serta berbudi pekerti yang luhur. “Mengingat Kabupaten Badung sebagai destinasi Pariwisata nasional bahkan dunia, tentunya sangat membutuhkan duta-duta pariwisata yang elegan, ramah tamah, menarik dan cerdas serta memahami berbagai kearifan lokal yang kita miliki, jegeg bagus juga dituntut memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional termasuk kecerdasan spiritual,” ucapnya.

Baca juga:  Masyarakat Diharapkan Dewasa dan Sportif Berdemokrasi

“Besar harapan kami, melalui ajang seperti ini akan lahir duta-duta pariwisata Badung dan Bali dan memberi pengaruh positif yang dapat mengetoktularkan kepada kaum milenial untuk menjadi sumber daya manusia yang handal, berkualitas, kompetitif, dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas dan berbudaya untuk membangun Badung yang kuat dan sejahtera. Kami berharap Dinas Pariwisata dan Dinas terkait di Pemerintah Kabupaten Badung dapat melaksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan dan dapat melibatkan para jegeg bagus ini pada berbagai kegiatan promosi baik skala lokal, regional maupun internasional,” imbuhnya.

Sementara itu Kadis Pariwisata Kab Badung selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan pemilihan Duta Pariwisata (jegeg bagus) Kabupaten Badung 2019 merupakan putra-putri Badung terbaik yang mewakili masing-masing Kecamatan se-Badung. Tahun ini diikuti oleh 87 orang terdiri dari pelajar SMA/SMK, perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Badung, dan utusan dari STT se-Badung.

Ia mengutarakan tahapan seleksi ditetapkan sebanyak 10 pasang finalis. Seleksi dilaksanakan dengan materi, Indah ( Beauty), Cerdas (Smart), Hospitable (ramah) dan Charming (menarik). Metode seleksi melalui tes tulis, wawancara dan keterampilan khusus.

Yang terpilih Pada pemilihan duta pariwisata (Jegeg Bagus) Kabupaten Badung 2019 yaitu, juara pertama Jegeg Badung 2019 kontestan No urut 14 Ni Putu Ira Suastini dan Bagus Badung 2019 terpilih kontestan No urut 05 I Made Adi Sanjaya. Untuk runner up I Jegeg Badung 2019 diraih No. urut 20, Ni Putu Devi Nitasari, runner up I Bagus Badung 2019, No urut 01 atas nama Gede Bagus Ivan Suardika Debel, runner up II Jegeg Badung diraih kontestan No urut 18, yaitu Ni Luh Komang Megayanti, runnerup II Bagus Badung diraih No urut 03 atas nama I Komang Heryawan Trilaksana dan sebagai runnerup III Jegeg Badung diraih oleh kontestan No urut 16 yaitu Ni Putu Indah Berliana dan runnerup III Bagus Badung diraih oleh No urut 07 I Gede Satwika Prayana. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.