Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setiap pasangan suami istri yang baru menikah pastinya mengidamkan untuk tinggal di rumah sendiri, alih-alih bersama mertua. Hanya saja, dana untuk memiliki rumah sendiri itu sangat besar.

Oleh sebab itu, sebagian besar lebih memilih untuk mengontrak rumah saja. Bagi kamu yang cari rumah kontrakan untuk ditinggali dengan pasangan, ini dia beberapa tips dari Swara Tunaiku!

1. Pilih Rumah yang Tak Begitu Jauh dari Tempat Kerja

Cara terbaik agar kamu bisa efisien dalam hal pekerjaan dan tempat tinggal adalah mencari rumah kontrakan yang letaknya tak jauh dari tempat kerja. Namun, kalau kamu dan pasangan sama-sama bekerja, carilah rumah yang berada di tengah-tengah. Selain itu, jangan lupa untuk lihat letak rumahnya. Harus memiliki akses jalan yang baik dan layanan transportasi.

2. Pilih Rumah dengan Lingkungan yang Baik

Selain itu, baiknya kamu memilih rumah dengan lingkungan tempat tinggal yang baik dan aman. Pastikan rumah tersebut berada di tempat yang sistem keamanannya terjamin dan ebbas dari ancaman dan tindakan kriminalitas. Dengan rumah yang aman, kamu bisa jauh lebih tenang tinggal di sana serta nyaman juga.

3. Rumah dengan Dua Kamar Saja

Saat mencari rumah kontrakan, ada baiknya kamu mencari yang tak terlalu besar saja. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat biaya sewa dan biaya perawatan rumah. Selain itu, bukankah kamu adalah pasangan baru? Kalau memilih rumah yang besar, ada banyak ruangan yang tak terpakai. Cukup yang memiliki dua kamar saja untuk kamu dan calon anak.

4. Pilih Rumah dengan Jangka Waktu Sewa Pendek

Ketika memilih untuk mengontrak rumah, usahakan untuk memilih yang jangka waktu sewanya pendek dulu. Hal ini untuk mengantisipasi kalau-kalau kamu tak nyaman dan tak cocok dengan suasana rumah tersebut atau kalau ada alasan lain yang membuat kamu harus pergi dari rumah tersebut.

Baca juga:  Ini, Alasan Kamu Harus Menabung dari Remaja

Kalau kamu memilih yang jangka waktu panjang, ketika kamu tak nyaman dan tak cocok, biasanya uang sewa rumah yang sudah diberikan tak akan kembali lagi padamu. Hal ini jelas membuatmu rugi. Kalaupun kembali, biasanya nominalnya akan berkurang.

5. Cek Kondisi Rumah Layak dan Siap Huni atau Tidak

Sebelum bertranskasi sewa rumah, ada baiknya kamu mengecek detail rumah tersebut lebih dulu. Jangan sampai kamu mendapati rumah yang tak layak huni atau belum siap huni. Bila rumah tersebut butuh perbaikan di beberapa tempat, tak masalah.

Namun, rundingkan masalah biaya perbaikan itu dengan pemilik rumah. Hanya saja, kalau kamu butuh tinggal di rumah itu dalam waktu cepat, jelas akan sangat mengganggu karena kamu harus menunda waktu pindahan.

6. Rumah dengan Lokasi Strategis

Baiknya, pilihlah rumah yang berada di lokasi strategis misalnya yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan pusat kesehatan. Dengan begitu, kamu akan mudah menjangkaunya bila perlu sesuatu atau  bila terjadi sesuatu hal yang buruk.

7. Sesuaikan dengan Bujet

Terakhir, sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki. Tak usah mencari rumah yang mewah serta luas. Cari rumah yang nyaman saja. Untuk apa rumah tersebut mewah, tetapi kamu tak sanggup membayar biaya sewanya? Sama saja percuma, kan?

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika mencari rumah kontrakan untuk tempat tinggal sementara. Tak apa sederhana, asal kamu dan pasangan nyaman, sudah lebih dari cukup. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.