Putri Koster beserta jajaran pengurusnya turun ke Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Rabu (13/2). (BP/ist)

GUNA mempercepat penghijauan seluruh natah (halaman rumah) di Bali, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster secara marathon turun melakukan sinkronisasi dan harmonisasi gerakan PKK. Kali ini Putri Koster beserta jajaran pengurusnya turun ke Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Rabu (13/2).

Dalam arahannya, Putri Koster menerangkan bahwa salah satu program yang tengah digalakkan adalah HATINYA PKK yang berarti Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman. Program ini digalakkan agar nantinya seluruh halaman rumah masyarakat Bali menjadi indah setelah ditanami tanaman yang berguna untuk kebutuhan sehari-hari. Kepada masyarakat sekitar, ia mengharapkan agar natah rumah masyarakat Bali dapat dikembalikan fungsinya seperti zaman dulu yaitu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Saya ingin agar semua natah ditanami sayuran dan obat-obatan, untuk kebutuhan keluarga sehari-hari. Jadi selain menambah asri halaman rumah, masyarakat juga menjadi lebih hemat karena semua kebutuhan sudah tersedia di natah,” jelasnya yang dalam kesempatan tersebut turut juga didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra. Lebih dari itu, ke depan dia tidak ingin gerakan seperti ini dilakukan hanya pada saat lomba. “Jangan hanya berhenti pada satu rumah sebagai percontohan, saya ingin semua melakukan gerakan yang sama,” ujarnya.

Baca juga:  Bupati Suwirta Sambut Tim Verifikasi UP2K Tingkat Nasional

Untuk mendukung program tersebut, ia mengaku pihaknya telah menyiapkan dana yang disebar ke seluruh kabupaten/kota di Bali. “Kali ini TP PKK menyiapkan anggaran sebesar 1 miliar rupiah, dan saya berharap untuk ke depan bisa diperbanyak lagi,” tuturnya. Ia mengaku PKK Provinsi Bali bekerjasama dengan Pemprov Bali memberikan bantuan sebesar 15 juta bagi masing-masing desa percontohan untuk membeli tanaman agar ditiru oleh desa di sekitarnya. Selain bantuan tersebut, PKK Provinsi Bali dan pemprov juga telah menyiapkan dana bantuan untuk lansia sebesar 12 juta di setiap desa percontohan.

Pada bagian lain, pendamping orang nomor satu di Bali ini juga meminta agar program kerja PKK dapat dilaksanakan secara linear dari tingkat desa hingga tingkat provinsi. Untuk itu, ia minta dukungan semua pihak dalam menyukseskan program-program PKK. “Tidak boleh berhenti sampai di sini saja, harus kita gelorakan dari waktu ke waktu, demi kemajuan Bali. Mari kita wujudkan keluarga Bali yang berkualitas dan berdaya saing dalam mengawal visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” tandasnya.

Kegiatan sinkronisasi dan harmonisasi diisi pula dengan acara penanaman bibit sayur dan tanaman obat di pekarangan milik Ibu Sriasih Romo, serta berkesempatan juga meninjau pelaksanaan IVA test. (adv/balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.