Abu vulkanik Gunung Agung ditemukan di sejumlah benda di pekarangan rumah warga Buleleng. (BP/istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Paparan abu vulkanik Gunung Agung yang erupsi pada Kamis (10/1) malam hingga ke Buleleng. Beberapa warga menemukan sebaran abu dengan intensitas tipis di sejumlah benda.

Kebanyakan ditemukan di atas jok sepeda motor atau kaca dan sebagian pada bodi mobil yang diparkir di halaman rumah. Seperti ditemukan oleh Kadek Kariana, warga Jalan Gajah Mada, Singaraja. Dia menemukan debu abu-abu halus menyebar pada bodi mobil anaknya.

Merasa ganjil dengan temuan itu, Kariana kemudian berusaha mengelap bodi mobil memakai kain halus. Setelah kain dihapuskan pada kaca dan bodi mobil, lap putih itu tampak kotor oleh debu halus.

Selain itu, Kariana juga menemukan sebaran debu menempel di atas bodi sepeda motor miliknya. Sepeda motor itu dipenuhi butiran debu halus.

Baca juga:  Menkop Puspayoga Kunjungi Pengungsi di Desa Tegak

Sementara itu Sekretaris Badan Pennggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng Ketut Susila membenarkan abu vulkanik Gunung Agung ditemukan di beberapa desa di Buleleng. Dari laporan yang masuk ke BPBD, wilayah perkotaan dan desa-desa di Buleleng timur termasuk yang terpapar abu vulkanik itu.

“Laporan yang masuk wilayah kota dan Buleleng timur, terutama desa-desa yang lokasinya agak ke selatan yang ditemukan paparan debu vulkanik,” katanya. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.