Ilustrasi penggunaan kartu kredit. (BP/dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menggunakan kartu kredit untuk berhemat? Apakah hal ini bisa dilakukan? Bukannya menggunakan kartu kredit malah bisa buat makin boros karena kamu bisa dengan mudah mendapatkan akses keuangan? Ternyata jawabannya, tidak juga, kok!

Bila kamu menggunakan kartu kredit dengan benar, kamu bisa mendapatkan banyak reward yang tentunya bermanfaat. Reward tersebut bisa kamu gunakan untuk banyak hal.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan imbalan yang lebih abstrak seperti dalam bentuk kredit positif yang bisa membantu reputasi finansial kamu di mata perbankan.Tapi, bagaimana caranya menggunakan kartu kredit agar buat kamu jadi lebih hemat? Dikutip dari Swara Tunaiku, Ini triknya!

1. Manfaatkan fitur credit card reward point

Biasanya, kartu kredit akan menerapkan biaya ketika kamu menggunakan produk yang mereka miliki. Tapi, sebenarnya ada beberapa kartu kredit yang akan memberikan intensif untuk kamu bila berbelanja dengan jumlah tertentu dan membayar menggunakan kartu kredit. Intensif tersebut salah satunya adalah Credit Card Rewards.

Dengan Credit Card Rewards ini, ada banyak kompensasi yang bisa kamu dapatkan. Tapi, secara umum bentuknya adalah rewards dalam jumlah tertentu atau persentase tertentu dalam setiap rupiah yang dibebankan pada kartu kredit kamu. Beberapa kartu kredit juga mengharuskan kamu untuk berbelanja di sektor tertentu agar bisa mendapat reward ini.

2. Pilih kartu yang tepat

Setelah kamu memahami apa itu Credit Catd Rewards, sekarang saatnya untuk kamu memilih kartu kredit yang tepat. Sebelum kamu memilih kartu kredit yang tepat, baiknya lakukan riset terlebih dulu. Biasanya, setiap kartu kredit memberikan beberapa promosi. Pahamilah dengan detail terlebih dulu sebelum memilihnya agar rencana penghematan bisa berjalan lancar.

3. Sering cek penawaran kartu yang beri banyak keuntungan

Baca juga:  Cara Alami Mengatasi Sariawan

Perlu kamu tahu, setiap bank yang mengeluarkan kartu kredit biasanya akan memberikan banyak penawaran pada nasabahnya. Penawaran ini salah satunya bertujuan untuk mencar nasabah baru. Seringkali persaingan ini juga sangat sengit dan juga berdarah-darah, lo! Oleh sebab itu kamu harus teliti dulu mana kartu kredit yang menawarkan banyak keuntungan.

Carilah kartu kredit yang memberikan penawaran paling menguntungkan. Tentu saja, keuntungan yang sesuai dengan yang kamu cari, yakni memberikan kesempatan untuk berhemat. Bukan malah hadiah dari bank saja.

4. Bayar tagihan tepat waktu

Menggunakan kartu kredit bisa lebih hemat bila kamu membayar tagihan tepat waktu. sebab, kamu tak perlu membayar bunga dan denda yang lebih besar. Bayarlah lunas semua tagihan kartu kredit tiap bulan sebelum jatuh tempo. Selain membuat jumlah tagihan lebih kecil, juga bisa untuk memberikan poin reward tambahan untuk kamu.

Selain itu, dengan membayar tagihan tepat waktu, juga bisa menjaga keseluruhan skor kamu di angka yang aman. Hal ini juga akan menjauhkan kamu dari risiko penutupan akun karena sering bayar telat.

5. Manfaatkan bonus pelanggan baru

Ada banyak kesempatan seperti promo yang bisa kamu dapatkan dari akun baru kartu kredit. Salah satunya adalah adalah reward poin. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti cashback, penawaran khusus, bahkan juga bisa mendapatkan hak istimewa untuk berbelanja gerai-gerai mewah.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar lebih hemat ketika menggunakan kartu kredit. Rencana penghematan kamu bisa berjalan bila kamu menerapkan hal ini.

Apa? Butuh uang tambahan untuk beberapa kebutuhan tapi tak mau gunakan kartu kredit? Gunakan saja pinjaman tunai dari Tunaiku yang jumlahnya bisa mencapai puluhan juta rupiah! (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.