Wabup Kasta (tengah) berbicara di Kursus Orientasi Singkat, di SDN 1 Kamasan, Rabu (5/12). (BP/istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Klungkung menyelenggarakan Kursus Orientasi Singkat, di SDN 1 Kamasan, Rabu (5/12). Guna memaksimalkan peran pramuka ke depan, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta mendorong agar Pramuka Kwarcab Klungkung mendapat dukungan anggaran dari APBD atau pun APBN.

Wabup Kasta juga sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Klungkung ini, menegaskan, dalam pasal 32, ayat 2 tentang Keuangan, menyatakan pemerintah dan pemerintah daerah dapat memberikan pendanaan kepada pramuka yang bersumber dari APBN dan APBD. Ia melihat Pramuka sebagai wadah yang tepat untuk membentuk watak serta peradaban anak didik yang bermartabat.

Baca juga:  Jelang Akhir Tahun, BNNP Bali Amankan Ratusan Butir Ekstasi

Sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertakwa serta sehat, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. “Kalau seorang pemimpin lahir dari pramuka, maka saya yakin kejujuran dan keberanian akan tetap terjaga. Karena seorang pramuka sejati akan mengamalkan Tri Satya Pramuka dan Dasa Darma Pramuka sebagai pedomannya, untuk itu saya harap semua murid menjadi anggota pramuka, untuk mematangkan dirinya,” ujar Wabup Kasta.

Baca juga:  Dicek, Layanan Publik Bapas dan Lapas Perempuan

Ketua Panitia yang sekaligus Sekretaris Kwarcab Klungkung Ngakan Made Kasub Sidan, mengatakan orientasi singkat ini, rangka peningkatan kompetensi pengelolaan Gugus Depan dan Pembina Pramuka. Di dalamnya ada beberapa, penekanan. Penyegaran Pembina Pramuka, orientasi penguatan kompetensi DKC, gladian pimpinan regu, gladian pimpinan satuan penegak serta kegiatan pitara pelatih. Seluruh kegiatan diselenggarakan di SDN 1 Kamasan, mulai dari 5 hingga 9 Desember 2018.

Sementara untuk di wilayah Nusa penida seluruh kegiatan serupa akan diselenggarakan pada bulan Februari – Maret 2019. Ini sebagai upaya peningkatkan kompetensi pengelolaan Gugus Depan (Gudep) dan peningkatan kompetensi pembina yang bermuara pada peningkatan kompetensi peserta didik. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Warga Nusa Penida Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *