Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu. (BP/nik)

 

GIANYAR, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Gianyar selama ini menjadi salah satu yang gencar dalam menyelenggarakan program Keluarga Berencana (KB), bahkan di kawasan sekitar ini ada 16 desa yang ditetapkan sebagai kampung KB. Namun Pemkab Gianyar kini harus menyiapkan langkah baru, guna menindak lanjuti himbauan Gubernur Bali I Wayan Koster untuk menjalankan KB Bali dengan 4 anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Gianyar, Cokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu mengatakan, adanya perkembangan cakupan pemakaian kontrasepsi yang meningkat dari data awal, menjadi tolak ukur dalam pencanangan suatu desa sebagai kampung KB. Dari proses itu hingga saat ini ada 16 kampung KB  yang sudah dicanangkan di Kabupaten Gianyar. “Ada 16 desa yang sudah ditetapkan sebagai kampung KB,” ucapnya.

Diterangkan penetapan kampung KB bertujuan untuk membentuk keluarga yang berkualitas. Salah satu penentu kualitas itu pun adalah kuantitas anak dalam satu keluarga, yakni hanya 2 anak. ” Yang terpenting dalam kampung KB itu merencanakan keluarga yang berkualitas, ” katanya.

Lantas bagaimana dengan kebijakan Gubernur Bali yang saat ini menghimbau untuk menjalankan KB Bali dengan 4 anak. Pejabat ala Puri Peliatan Ubud ini mengaku masih akan berkordinasi terkait himbauan stop 2 anak tersebut. “Kampung KB itu kebijakan pemerintah dan Bapak Gubernur juga perpanjangan tangan pemerintah, kita tunggu petunjuk lebih lanjut, ” katanya.

Baca juga:  Gubernur Pastika Sepakat Alokasi Dana Transarbagita Dialihkan ke Pertanian

Cok Trisnu menambahkan bila satu keluarga mampu punya anak lebih, kehidupan anak harus terjamin secara finansial, mulai dari dalam kandungan sampai remaja dan dewasa. “Sebenarnya sejak awal tidak ada pembatasan jumlah anak, tetapi bagaimana anak itu bisa tumbuh kembang dengan berkualitas, ” tandasnya.

Perlu diketahui sepanjang tahun ini sudah ada sejumlah desa di kawasan seni ini yang dicanangkan sebagai Kampung KB, yang terkahir itu Desa Lebih dicanangkan sebagai kampung KB.

Sebelum itu, pencanangan Kampung KB juga dilakukan di Banjar Dinas Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan. Pencanangan di Desa Kerta ini juga diikuti secara serentak sebagai Kampung KB di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Gianyar. Seperti Banjar Manyar, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati. Banjar Margasengkala Desa Bedulu, Blahbatuh. Banjar Lokserana, Desa Siangan, Gianyar. Banjar Dinas Saraseda Desa Tampaksiring. Banjar Dinas Lodsema, Desa Lodtunduh, Ubud serta Banjar Dinas Kendran, Desa Kendran, Tegalalang. Hingga saat ini total ada 16 Kampung KB di Kabupaten Gianyar. (manik astajaya/balipost)

 

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.