Ny. Putri Suastini Koster didampingi Bupati Suwirta, saat tiba di Desa Dawan Klod. (BP/adv)

PEMERINTAH Provinsi Bali kembali menggelar penilaian pelaksana terbaik lomba kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Hari Kesatuan Gerak PKK tingkat Provinsi Bali. Delapan Kabupaten di Bali dinilai untuk mendapatkan yang terbaik guna mewakili Bali di tingkat Nasional. Untuk Kabupaten Klungkung sendiri di wakili oleh Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan.

Penilaian tersebut dihadiri oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Klungkung Ny. Ayu Suwirta. Mereka bersama-sama menyambut kedatangan Tim Penilai dari Provinsi yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, beserta rombongan, di Banjar Tengah Desa Dawan Klod, Selasa (27/11).

Bupati Suwirta menyampaikan kegiatan lomba ini merupakan rutinitas yang dilakukan oleh pemerintah dari Kabupaten, Provinsi, hingga Pusat. Lomba ini juga diharapkan tidak hanya menjadi acara seremonial saja, tetapi perlombaan ini mampu menyiapkan diri karena ini merupakan kebutuhan untuk mensejahterakan masyarakat sekarang dan ke depan.

Tim Penggerak PKK di Klungkung juga bersinergi dengan program-program Pemkab Klungkung. Salah satunya yaitu ikut dalam Bedah Desa bersama seluruh OPD di Klungkung, turun langsung ke desa dalam memecahkan permasalahan. Tim Penggerak PKK Klungkung juga memberikan pembinaan kepada seluruh PKK Desa. “Lomba ini merupakan kebutuhan setiap desa supaya bisa mengevaluasi kekurangan. Sehingga menjadi lebih baik,” ujar Suwirta.

Ketua TP PKK Desa Dawan Klod Sri Widiantari Suardita memaparkan, ada beberapa program yang sudah berjalan di Desa Dawan klod, antara lain gerakan SIDORA, Lapangan 46, Sanggar Kreativitas Seni Remaja dan Anak, Handphone Positif, dan Crisis Centre PATBM. Dengan harapan ke depan seluruh program yang ada di Desa, Kabupaten, Provinsi maupun Pusat mampu disinergikan. Sehingga masyarakat merasakan dampak positif dari program-program tersebut dan kesejahteraanya akan lebih meningkat.

Baca juga:  Kisruh Rumah Pintar, Pengelola Mengaku Diintimidasi

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster berharap kegiatan ini menjadi motor penggerak parisipasi dari semua pihak dan menjadi wadah pembinaan bagi instansi Pemerintah, organisasi kemasyrakatan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Gerakan PKK ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dengan sasaran para keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat.

Penilaian ini dilaksanakan unutk mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai sudah dituangkan ke dalam laporan maupun profil Pemerintah Daerah dan Profil Kegiatan Ketua Tim Penggerak PKK. Untuk lomba kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan dibagi dalam 4 jenis.

Adapun indikator penilaian untuk ke sembilan jenis lomba dimaksud meliputi tiga indikator, yaitu, indikator input, indikator proses dan indikator output. “Sehingga dengan penilaian ini kita bisa mendapatkan TP PKK Kabupaten terbaik untuk mewakili Provinsi Bali. Semoga tahun ini yang terbaik mewakili Bali adalah Desa Dawan Klod ini,” katanya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.