Pataka I Gusti Ngurah Rai diarak serangkaian peringatan Hari Pahlawan dan Puputan Margarana. (BP/dok)

TABANAN, BALIPOST.com – Rombongan napak tilas yang membawa pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan nasional, I Gusti Ngurah Rai, tiba di Tabanan, Senin (19/11). Penyerahannya, dilakukan melalui apel di Lapangan umum Kediri, Kecamatan Kediri.

Apel penyerahan pataka turut dihadiri pimpinan perangkat daerah kabupaten Tabanan, TNI/Polri dan para pelajar di Kabupaten Tabanan. Napak tilas yang digelar tiap tahun ini bertujuan meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme, sekaligus mengenang perjuangan dan perjalanan pahlawan I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga:  Tanamkan Nilai Kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai dalam Mengisi Kemerdekaan

Bertindak selaku Inspektur Upacara Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, perwira upacara dari Polres Tabanan AKP Wayan Sudita, dan Komandan Upacara Kapten Infanteri Eko Budi Bakti yang juga Danramil Selemadeg.

Sebelum proses serah terima, diawali dengan pembacaan surat Kapten J.B.T Koning dan surat pimpinan dewan perjuangan Bali I Gusti Ngurah Rai. Proses serah terima juga diisi dengan penandatanganan naskah serah terima.

Upacara pokok selesai kemudian Pemuda Panca Marga Kabupaten Tabanan melanjutkan mengarak Pataka/Panji-Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai dengan rute perjuangan I Gusti Ngurah Rai menuju Sura Brata – Lumbung – Umaseka – Gadungan – Munduk Malang – Bengkelanyar – Marga-klaci – Margarana. (Puspawati/balipost)

Baca juga:  Dishub Kembali Jaring Pelanggar Parkir
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *