Pataka I Gusti Ngurah Rai diarak serangkaian peringatan Hari Pahlawan dan Puputan Margarana. (BP/dok)

TABANAN, BALIPOST.com – Rombongan napak tilas yang membawa pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan nasional, I Gusti Ngurah Rai, tiba di Tabanan, Senin (19/11). Penyerahannya, dilakukan melalui apel di Lapangan umum Kediri, Kecamatan Kediri.

Apel penyerahan pataka turut dihadiri pimpinan perangkat daerah kabupaten Tabanan, TNI/Polri dan para pelajar di Kabupaten Tabanan. Napak tilas yang digelar tiap tahun ini bertujuan meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme, sekaligus mengenang perjuangan dan perjalanan pahlawan I Gusti Ngurah Rai.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, perwira upacara dari Polres Tabanan AKP Wayan Sudita, dan Komandan Upacara Kapten Infanteri Eko Budi Bakti yang juga Danramil Selemadeg.

Baca juga:  Panji-Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai Diserahterimakan ke Gianyar

Sebelum proses serah terima, diawali dengan pembacaan surat Kapten J.B.T Koning dan surat pimpinan dewan perjuangan Bali I Gusti Ngurah Rai. Proses serah terima juga diisi dengan penandatanganan naskah serah terima.

Upacara pokok selesai kemudian Pemuda Panca Marga Kabupaten Tabanan melanjutkan mengarak Pataka/Panji-Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai dengan rute perjuangan I Gusti Ngurah Rai menuju Sura Brata – Lumbung – Umaseka – Gadungan – Munduk Malang – Bengkelanyar – Marga-klaci – Margarana. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.