Sejumlah petugas membersihkan ranting pohon tumbang di Utara Terminal Umum Negara. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Hujan deras pada Senin (12/11) malam mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Sedikitnya ada dua pohon perindang yang ambruk hingga menimpa bangunan warga. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kejadian tersebut sempat mengganggu aktivitas warga sekitar.

Seperti pohon Waru yang tumbang di Utara Terminal Umum Gilimanuk. Pohon dengan diameter satu meter itu ambruk hingga menimpa bangunan ruko di sekitar pasar. Melintangnya pohon setinggi tujuh meter itu praktis mengganggu aktivitas warga yang biasa berlalu-lalang. Posisi pohon yang ambruk itu selain di dekat Terminal, juga berada di depan Mapolres Jembrana.

Untuk mempercepat evakuasi pohon roboh itu, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) datang ke lokasi. Petugas tim reaksi cepat (TRC) dari BPBD melakukan pembersihan menggunakan armada truk evalog dan chensow untuk memotong.

Sejumlah warga di sekitar lokasi juga ikut membersihkan ranting-ranting pohon untuk mempercepat pembersihan. Pohon yang jatuh itu juga menutupi akses jalan menuju komplek pertokoan dan warung-warung kuliner di Pasar Umum Negara. Selain di jalan Pahlawan, pohon tumbang dampak hujan deras juga terjadi di Jalan Serma Gara, Kelurahan Dauhwaru, Jembrana. Pohon setinggi kurang lebih 5 meter itu menimpa salah satu bangunan beratap asbes dan genteng. Petugas dari TRC BPBD juga turun melakukan pembersihan pohon tumbang tersebut.

Baca juga:  Pohon Tiba-tiba Tumbang, 4 Orang Jadi Korban

Kepala Pelaksana (kalak) BPBD Jembrana, I Ketut Eko Susilo AP membenarkan adanya sejumlah pohon tumbang dampak dari hujan deras disertai angin kencang. Dari informasi ada dua pohon yang ambruk menimpa bangunan.  Di antaranya di Jalan Pahlawan dan Gang I Jalan Serma Gara yang berbatasan dengan sekolah. “Kita kerahkan TRC untuk menanggulangi dampak dari pohon ambruk itu,” terangnya. Masyarakat diminta untuk mewaspadai pohon-pohon tinggi yang berada di dekat rumah. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak menimpa rumah. (surya dharma/balipost)

 

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.