Ilustrasi pasien

DENPASAR, BALIPOST.com – Maraknya pemberitaan tentang rencana Gubernur Bali akan membuka loket dan menempatkan balian di rumah sakit membuat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Bali bersikap. IDI memandang perlu untuk menanggapi dengan membuat beberapa pernyataan.

Ketua IDI Bali dr. Putra Suteja membeberkan pernyataan-pernyataan IDI yaitu, IDI Wilayah Bali pada prinsipnya mendukung upaya pemerintah untuk menggali dan memelihara budaya dan kearifan lokal di bidang kesehatan. Namun, IDI juga menyesalkan adanya upaya untuk membenturkan profesi dokter dengan dukun (balian).

IDI Wilayah Bali pada prinsipnya selalu membuka diri dan bersedia bekerja sama serta bersinergi dengan profesi lain dan tenaga kesehatan lain. Asalkan tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Baca juga:  Ditanya Reklamasi Teluk Benoa, Ini Jawaban Koster

Dalam menjalankan profesinya, dokter selalu berlandaskan evidence base (berbasis bukti) sesuai dengan standar-standar yang ditetapkan dan terukur. IDI Wilayah Bali siap mendukung dan bekerjasama dengan pemerintah daerah di Provinsi Bali untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bali.

“Demikian pernyataan sikap dari IDI Wilayah Bali yang didukung oleh IDI Cabang dari Kabupaten dan Kota di Bali,” kata dr. Suteja. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.