DENPASAR, BALIPOST.com – Gempa yang keras kembali terjadi, Minggu (19/8) malam. Info dari BMKG, gempa tersebut berkekuatan 7.0 SR.

Terjadi pada pukul 10.56 Wita. Lokasinya 8.28 LS,116.71 BT (30 km Timur Laut Lombok Timur), kedalaman 10 Km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Peristiwa gempa ini membuat warga di Denpasar panik. Meski sudah malam dan umumnya warga sudah terlelap, mereka langsung bangun dan keluar rumah.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendata telah terjadi 814 kali gempa susulan pascagempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7.0 yang mengguncang Pulau Lombok dan sekitarnya pada Minggu (5/8). “Hingga hari ini telah terjadi 814 kali gempa dan 33 kali di antaranya dirasakan dengan kekuatan yang cukup besar,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta.

Baca juga:  Dominasi Kasus COVID-19 Baru Ada di 4 Daerah, Ini Rinciannya

Ia mengatakan, gempa bumi yang dirasakan tersebut termasuk dua kali gempa susulan yang terjadi berturut-turut pada Minggu siang (19/8). Gempa susulan yang pertama terjadi pada pukul 12.06 Wita dengan kekuatan magnitudo 5,4 dan episenter gempa pada 8,29 Lintang Selatan dan 116.62 Bujur Timut atau 25 km timur laut Lombok Timur, atau tepatmya pada lereng utara timur laut Gunung Rinjani dengan kedalaman 10 km. Menyusul gempa kedua dengan kekuatan magnitudo 6,5 pada pukul 12.10 Wita dengan lokasi pada 32 km timur laut Lombok Timur yaitu pada lereng utara timur laut Gunung Rinjani atau 8,24 Lintang Selatan, 116.66 Bujur Timur dengan kedalaman 10 km. “Analisis ini kami sampaikan dalam waktu tiga menit 33 detik selisih sekitar beberapa detik setelah gempa terjadi berdasarkan data dari 26 sensor yang terekam di BMKG,” katanya.

Baca juga:  RSUP Sanglah Kini Layani Cangkok Kornea Mata

Dengan bertambah data dari 26 sensor masuk lagi sehingga total dari 152 sensor maka diperbarui gempa susulan menjadi magnitudo 6,3. Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman episenter maka disimpulkan gempa tersebut merupakan gempa dangkal akibat patahan naik Flores.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik mengingat epsinternya relatif sama dengan gempa pada magnitudo 7,0 pada 5 Agustus lalu maka kedua gempa bumi yang baru terjadi tersebut merupakan gempa bumi susulan atau aftershock dari rangkaian gempa sebelumnya. “Kami mohon masyarakat tetap tenang namun tetap waspada dan jangan mendekati area puncak dan lereng Gunung Rinjani, Lombok Timur dan Lombok Utara juga di Sumbawa barat laut. Lereng dikhawatirkan menjadi sangat rapuh karena guncangan gempa yang sudah beberapa kali terjadi,” kata Dwikorita. (Winatha/balipost)

Baca juga:  Pria Ditemukan Tak Bernyawa, Diduga Serangan Jantung
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *