JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengukuhkan 68 pelajar SMA menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara, Rabu (15/8). Anggota Paskibraka yang dikukuhkan merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia.

Tercatat 68 siswa dan siswi dari seluruh daerah tergabung dalam anggota Paskibraka Tahun 2018. Untuk provinsi Bali, Sang Putu Hendra Adi dan Ni Putu Sukma Dewi Widiyanti menjadi siswa dan siswi yang beruntung pada tahun ini karena terpilih sebagai anggota Paskibraka yang mewakili seluruh siswa dan siswi dari Bali.

Anggota Paskibraka yang baru dikukuhkan tersebut bertugas mengibarkan bendera merah putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2018 mendatang di halaman Istana Merdeka.

Baca juga:  Kereta Pancasila Presiden Jokowi Akan Pimpin Pawai Karnaval Kemerdekaan

Presiden Joko Widodo dalam upacara pengukuhan bertindak sebagai pembina upacara, dan Nur Hikmah Ramadhani, anggota Paskibraka 2018 dari Provinsi Aceh, memimpin jalannya upacara. Hikmah mewakili rekan-rekannya untuk memegang bendera merah putih saat pengucapan ikrar Putra Indonesia.

Setelahnya, Presiden Joko Widodo membacakan pernyataan pengukuhan para pelajar tersebut sebagai anggota Paskibraka. Dirinya mendoakan agar mereka dapat mengemban tugasnya dengan baik saat pelaksanaan nanti. “Saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2018. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” ujar Presiden Jokowi.

Sebagai tanda pengukuhan secara simbolis, Presiden kemudian menyematkan lencana dan memasang kendit kepada pemimpin upacara. (Hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.