JAKARTA, BALIPOST.com – Sebagai tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Asia, yaitu Asian Games, Kemenkes bersama dengan INASGOC telah siap mengawal kebutuhan medis selama kegiatan itu berlangsung. Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan dr Untung Suseno Sutarjo, usai menghadiri Apel Kesiapsiagaan Bidang Kesehatan Asian Games 2018, Rabu (8/8) di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Menurutnya Kemenkes sebagai penanggung jawab kesehatan, telah melakukan berbagai kesiapan. Diantaranya pengawasan dan pemantauan lingkungan di Wisma Atlet dan sekitar venue, penyiapan ambulance, dan pelatihan hygiene sanitasi pangan.

Sementara itu dari sisi sarana dan prasarana kesehatan, Kemenkes dan INASGOC sudah menyiapkan 140 medical station. Selain itu ada 3 pusat medical center dan 2 poliklinik yang berada di Jakarta dan Palembang yang beroperasi 24 jam.

Baca juga:  Peraih Emas AG, Wewey Wita Syuting Iklan di Bali

“Kemenkes bersama dengan INASGOC sudah mempersiapkan keperluan medis di bidang kesehatan lingkungan, layanan kesehatan gawat darurat, keamanan pangan dan komunikasi serta penyebaran informasi,” tuturnya.

Selain itu, Kemenkes juga sudah menyiapkan 27 rumah sakit rujukan dan 218 unit mobil ambulans. Dari angka tersebut, sebanyak 25 unit berfungsi seperti mini ICU (Intensive Care Unit). (kmb/balitv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.