Razia penertiban pajak kendaraan bermotor di depan Tugu Pahlawan Ciung Wanara Amlapura. (BP/kmb)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Razia bersama yang digelar Sat. Lantas Polres Karangasem dengan Kantor Samsat Bersama Karangasem menjaring ratusan pelanggar. Razia dilaksanakan rutin dua kali seminggu difokuskan pada upaya penertiban pajak kendaraan bermotor termasuk balik nama kendaraan yang sudah pindah kepemilikan.

Razia sekaligus sosialisasi terakhir dilasanakan Rabu (25/7) di dua titik masing-masing di jalan umum Taman Soekasada Ujung dan di depan Tugu Pahlawan Ciung Wanara Amlapura. Di Taman Ujung tim gabungan menjaring 59 pelanggar terdiri dari 52 pelanggar roda dua dan 7 pelanggar roda empat. Sedangkan di Tugu Pahlawan menjaring 72 pelanggar roda dua dan 4 pelanggar non-DK atau pelanggar plat nomor luar Bali.

Kepala Kantor Samsat Karangasem, I Ketut Yasa Suarsana, Kamis (26/7), mengatakan, razia gabungan tersebut digelar sebagai media sosialisasi menumbuhkan kesadaran masyarakat taat pajak khususnya pajak kendaraan bermotor baik melalui pembayaran pajak tepat waktu maupun pengurusan balik nama kepemilikan.

Baca juga:  Per 1 Januari Diberlakukan, Tim Gabungan Mulai Sosialisasi Penertiban Parkir di Ubud

Sasarannya selain optimalisasi pajak dari sektor kendaraan bermotor, juga membantu dalam pencegahan dan penanganan tindak kriminalitas khususnya curanmor. ‘’Penertiban pajak punya dua misi yaitu di bidang pajak dan misi menekan angka kriminalitas,’’ jelasnya.

Yasa Suarsana menyatakan, hasil dari razia gabungan selama ini menunjukkan bahwa pelanggaran pajak dan balik nama kendaraan di Karangasem masih cukup tinggi. Melalui razia tersebut masyarakat diharapkan tidak hanya mengerti program pemerintah tapi juga punya kesadaran untuk melaksanakan kewajiban.

Selain razia, upaya meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan juga ditempuh melalui kegiatan samsat keliling. Menurut Yasa Suarsana, samsat keliling dilaksanakan lima kali seminggu, untuk Kamis (26/7) kemarin bertempat di Lapangan Umum Desa Ulakan. ‘’Besok (hari ini-red) kita laksanakan samsat keliling di Pasar Pesangkan, Kecamatan Selat,’’ jelasnya. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.