Para penumpang yang baru turun dari bus Antar Kota Antar Provensi (AKAP) menunggu transportasi lanjutan di Terminal Mengwi, Badung saat arus balik Lebaran. (BP/eka)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Arus balik di Terminal Mengwi mulai menunjukan peningatan. Bahkan, dari data petugas di lapangan arus balik sudah terlihat mencapai ribuan penumpang. Selain penumpang yang turun untuk mudik ada beberapa penumpang yang ke Bali hanya untuk mengisi hari libur.

Koordinator Terminal Tipe A Mengwi, Cok Agung Suarmaya, saat dikonfirmasi Rabu (20/6) membenarkan telah terjadi lonjakan penumpang lonjakan penumpang yang turun di terminal Mengwi sudah terlihat dari H+1 pasca libur Idul Fitri 1439 H.

“H+1 arus balik sudah terlihat bahkan mencapai 1.209 penumpang yang turun di Terminal Mengwi dengan 60 jumlah armada. Lonjakan juga tejadi pada H+3. Bahkan lonjakan terjadi 50 persen dari H+1, yakni mencapai 2.664 penumpang dengan jumlah armada 89,” ungkap Agung Suarmaya, Rabu (20/6).

Di sisi lain, adanya peningkatan arus balik dengan membludaknya penumpang yang turun di Terminal Mengwi, Santuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung terus melakukan  pemeriksaan terhadap penumpang bus yang tiba di Terminal Tipe A tersebut.

Baca juga:  Tanpa SKTS, Belasan Duktang Terjaring Operasi

Pada sidak Rabu (20/6), terdapat  27 penumpang tanpa identitas dari 30 bus yang tiba di Terminal Mengwi. Pihaknya mengatakan 5 penumpang dipulangkan secara langsung dan 22 penumpang ada penjaminnya.

Kendati demikian, penumpang yang ada penjaminnya akan disidangkan lebih lanjut. Dalam sidang, penumpang wajib melaporkan tempat dimana penumpang itu tinggal beserta surat dari keterangan dari penjaminnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung AA Ngurah Rai Yuda Darma mengatakan dari dinas perhubungan kabupaten Badung mempersiapkan 25 personel,  yang bertugas di Terminal Mengwi. Selain itu  30 personel lainnya ditetapkan di luar Terminal Mengwi untuk mengatur arus lalulintas bersama aparat kepolisian Polres Badung.

Dalam mengatensi volume kendaraan di tempat pariwisata tersebut, Dishub Badung mempersiapkan 115 personel dari UPT LLA Badung selatan. “Lonjakan wisatawan yang berdampak pada kepadatan lalulintas saat libur hari raya, penjagaan dan pengaturan akan lebih diintensifkan lagi terutama di ruas-ruas jalan menuju tempat wisata termasuk persimpangan-persimpangan yang selama ini memang padat lalu lintas,” pungkasnya.(Parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.