kintamani
Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebagian wilayah Bali diguncang Gempabumi Tektonik, Kamis (26/4) sore. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi  terjadi pada pukul 17:54:18 WITA. Gempabumi kekuatan M=5.8 Skala Richter (SR) dengan episenter terletak pada koordinat Lintang 7.54 LS, Bujur 115.58 BT, dan Kedalaman 366 Km. Gempabumi berlokasi di Bali Sea dengan titik lokasinya 89 km Timur Laut Karangasem, 102 km Timur Laut Bangli, 103 km TimurLaut Buleleng, 128 km BaratLaut Mataram-NTB, dan 984 km Tenggara Jakarta.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berupa guncangan kuat dirasakan oleh masyarakat. Hal ini dikonfirmasi dengan laporan dari masyarakat bahwa gempabumi tersebut dirasakan di Kuta, Nusa Dua, Tabanan, Denpasar, Karangasem. Di daerah ini guncangan gempabumi dirasakan kuat oleh banyak orang. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa hingga berita ini dibuat.

Baca juga:  Cuaca Tak Menentu, Nelayan Diajarkan Gunakan Aplikasi

Sampai dengan saat ini juga belum terjadi gempabumi susulan yang tercatat. Terkait dengan peristiwa gempabumi di Pulau Bali yang baru saja terjadi, masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di pesisir pantai selatan Bali dihimbau agar tidak  terpancing isu karena, berdasrkan analisis PGR 3 Bali gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. (winata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.