Objek
Hari pertama dibukanya objek wisata Pura Besakih ramai di kunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara, Kamis (28/12). (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Jumlah kunjungan wisatawan dari Januari hingga Maret atau triwulan I 2018 ke Besakih mencapai 28 ribuan. Plt Manajer Operasional Badan Pengelola Kawasan Pura Agung Besakih, Jro Mangku Ngawit, mengatakan untuk wisatawan mancanegara jumlahnya sebanyak 23.918 orang dan domestik 4.614 orang.

“Kalau dirata-ratakan jumlah kunjungan wisman setiap hari mencapai 237 orang. Sementara untuk domestik rata-rata 46 orang wisatawan,” tandasnya.

Dikatakannya, untuk target kunjungan wisatawan tahun ini memang diturunkan dari sebelumnya. Pada 2018 ini targetnya 100 ribu pengunjung. Sementara 2017 targetnya mencapai 180 ribu pengunjung.

Ia mengatakan turunnya target kunjungan itu karena status Gunung Agung masih Siaga. Dengan situasi seperti ini, pihaknya memprediksi sampai awal tahun, tingkat kunjungan masih terkoreksi. “Tapi perlahan kunjungan mulai menggeliat. Kemungkinan jika status turun dari level Siaga ke Waspada, mampu meningkatkan tingkat kunjungan ke Besakih,” sebutnya.

Baca juga:  Bandara Ngurah Rai Tingkatkan Pengamanan

Meskipun Gunung Agung masih aktif, ia mengutarakan kalau letusan yang terjadi tidak terlalu mengganggu kunjungan wisatawan maupun pemedek yang tangkil serangkaian Karya Ida Batara Turun Kabeh (IBTK). (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.