Ketua PHDI Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya menghadiri Dharma Shanti Nyepi Kodam IX/Udayana. (BP/rah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dharma Shanti Kodam IX/Udayana sangat istimewa karena kehadiran Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI). Selain itu hadir tokoh agama dan masyarakat.

Mantan Pangdam IX/Udayana ini mengikuti kegiatan tersebut sampai akhir. “Kita sekarang berada di Kodam IX/Udayana dalam rangka Dharma Santhi Nyepi dan sudah dilakukan di beberapa tempat. Sekarang dilaksanakan di Kodam IX/Udayana. Saya merasa bangga karena di (Kodam, red) Udayana, Bali ini dilakukan untuk mengevaluasi diri dan kerja sama semua anak bangsa. Baik tentara polisi ASN, semuanya. Kompak membangun bangsa dari Sabang sampai Merauke,” kata Wisnu Bawa Tenaya usai acara.

Kata dia, merayakan Nyepi itu harus dilihat secara makro dan perlu diistirahatkan agar betul-betul hati serta pikiran jadi satu. “Sekarang banyak dipertontonkan banyak orang diskusi dan debat tapi lupa musyawarah. Maka dharma negara, dharma agama, dharma negaranya Pancasila yaitu berketuhanan, Tuhan hanya satu. Potensinya lengkap kalau kita bersatu padu dengan cara musyawarah dan bicara dengan baik,” tegasnya.

Baca juga:  Kodam-Polda Amankan Kunker Ibu Negara RI

Karena ia merupakan purnawirawan dan mantan Pangdam IX/Udayana, ia ingin melihat bagaimana simakrama, silahturahmi, satu sama lain saling mengingat, terjalin dengan kuat. Selain itu harus ingat kawitan atau leluhur dan panglingsir. “Semuanya. Bersama-sama kita kompak. Mudahan-mudahan dengan cara inilah memberikan wawasan untuk bisa menerima satu sama yang lain. Kerja sama, tidak ada sendiri-sendiri. Tidak ada bisa hidup sendiri tapi harus kerja sama,” ucapnya. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.