Pj Bupati Gianyar, Rochineng membuka acara jalan sehat serangkaian HUT Kota Gianyar, Minggu (8/4). (BP/ist)

GIANYAR, BALIPOST.com – Kemeriahan peringatan Hari Jadi Kota Gianyar ke-247 mulai terasa. Hal itu bertepatan dengan dibukanya kegiatan lomba-lomba oleh Penjabat (Pj) Bupati Gianyar, I Ketut Rochineng di areal Car Free Day (CFD), Taman Kota Gianyar, Minggu, (8/4). Pelaksanaan CFD pun terlihat sedikit berbeda dari biasanya.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Minggu pagi, kini kembali sumringah dengan berbagai atraksi seni yang ditampilkan pelajar Kabupaten Gianyar. Selain itu, pelaksanaan Jalan Sehat berhadiah yang dilepas Pj Bupati Gianyar, I Ketut Rochineng turut menarik minat peserta CFD dengan berbagai hadiah yang disiapkan panitia.

Setelah pelaksanaan jalan sehat, kegiatan CFD dimeriahkan dengan senam aerobik, atraksi seni berupa Tari Condong massal yang dibawakan para pelajar dari tingkat SD, hingga bondres edukasi Gerakan Masayarakat Sehat (Germas) oleh Dinas Kesehatan. Di sudut lain, tepatnya di depan SMP Negeri 1 Gianyar, juga dilaksanakan Lomba Mewarnai, Menggambar dan Melukis tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.

Baca juga:  Derita Sakit, Istri Rochineng Meninggal

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gianyar, selaku Ketua Koordinator Seksi Lomba, Drs. Anak Agung Gede Agung, M.Ap mengatakan, kegiatan lomba-lomba serangkaian memeriahkan peringatan Hari Jadi Kota Gianyar ke-243 dimulai dari 6 sampai dengan 22 April mendatang dengan tema “Gianyar Sebagai Inspirasi Pelestarian Budaya Bali”. Tema ini digunakan sebagai bentuk dalam membangkitkan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Gianyar yang memiliki identitas, citra dan taksu sebagai Kabupaten Seni dan Kota Pusaka pada Hari Jadi Kota Gianyar ke-247 Tahun 2018.

“Kabupaten Gianyar sebagai kabupaten seni memiliki identitas, citra dan taksu yang diakui masyarakat luas bahkan dunia. Sehingga kegiatan lomba-lomba lebih ditekankan pada seninya yang mampu membangkitkan nilai-nilai kearifan lokal sehingga menjadikan Gianyar sebagai inspirasi pelestarian budaya Bali,” terang Anak Agung Gede Agung.

Dikatakan Anak Agung Gede Agung, kegiatan lomba-lomba serangkaian peringatan Hari Jadi Kota Gianyar ke-247 antara lain dengan Lomba Penjor Hias diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Kecamatan Desa/Kelurahan, SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar.

Baca juga:  Rochineng Pantau Pelaksanaan Pilkada di Gianyar

Pj Bupati Gianyar, I Ketut Rochineng mengatakan, perayaan Hari Jadi Kota Gianyar setiap tahunnya merupakan ungkapan rasa syukur atas perjalanan panjang Kabupaten Gianyar hingga mencapai berbagai kemajuan sampai dengan saat ini. Selain itu, juga sebagai media untuk meningkatkan rasa persaudaraan, kebersamaan, toleransi, dan saling memiliki diantara segenap komponen masyarakat di Kabupaten Gianyar. Melalui berbagai lomba yang dilaksanakan, diaharpkan dapat memberikan gairah baru dan rasa optimisme dalam menghadapi tantangan untuk memajukan Gianyar ke depannya.

Sesuai dengan tema, “Gianyar Sebagai Inspirasi Pelestarian Bali” berbagai kegiatan dan lomba-lomba yang dilaksanakan memang ditujukan untuk pelestarian budaya Bali. Disamping itu, juga untuk mengakomodir berbagai kegiatan yang sangat ini berkembang dan diminati masyarakat.

Baca juga:  DPC PDIP Klungkung Gelar Berbagai Lomba

“Ruang berekspresi dan berkreasi harus senantiasa disediakan bagi masyarakat demi ajegnya seni dan budaya Bali. Sehingga, citra dan taksu Kabupaten Gianyar sebagai Kota Pusaka serta Kabupaten Seni dan Budaya senantiasa terjaga,” tegas Rochineng. (Adv/balipost)

Jadwal Lomba-lomba HUT Kota Gianyar :

Jumat (6/4)

Lomba mewarnai tingkat SD

Minggu (8/4)

  • Lomba menggambar tingkat SMP
  • Lomba Melukis Wayang Tingkat SMA/SMK
  • Lomba Ketangkasan Anjing dan Lomba Burung Berkicau
  • Lomba Karaoke Lagu Pop Bali

Senin (9/4) hingga Selasa (10/4)

Lomba Tari Rejang Renteng

Selasa (10/4)

Lomba Nyastra Tingkat SMP dan SMA/SMK

Kamis (12/4) dan Jumat (13/4)

  • Gemar Makan Ikan
  • Lomba mewarnai Ikan tingkat Taman Kanak-Kanak
  • Lomba Menangkap Ikan Lele tingkat SD
  • Lomba Menu Makanan Lokal
  • Lomba Keterampilan Baris Berbaris

Jumat (20/4) dan Minggu (22/4)

Malam penjurian dan grand final Jegeg Bagus Gianyar Tahun 2018

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *