Sebuah kapal pesiar singgah di Pelabuhan Celukan Bawang. Buleleng berencana mengajukan pengkajian ulang terhadap kawasan industri Celukan Bawang. (BP/dok)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, akhir-akhir ini mulai sering disinggahi kapal pesiar. Yang terbaru, Rabu (21/3), Kapal Pesiar Genting Dream CIQA sandar di dermaga Pelabuhan Celukan Bawang.

Tidak tanggung-tanggung kapal pesiar yang berlayar dari Malaysia menuju Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dan terakhir di Celukan Bawang ini mengangkut 3.815 wisatawan mancanegara (wisman) dan 1.819 Anak Buah Kapal (ABK). Kapal pesiar ini sandar di laut lepas karena panjang dermaga belum mencukupi.

Untuk itu, tahun ini, Pelindo III Cabang Celukan Bawang memprogramkan untuk menambah panjang dermaga sepanjang 40 meter.

General Manager (GM) Pelindo III Cabang Celukan Bawang Dwi Rio Santoso mengatakan, sejak beberapa kapal pesiar melirik Celukan Bawang untuk bersandar, pihaknya telah menyusun program pengembangan kawasan pelabuhan. Program itu seperti menyiapkan tempat bagi wisatawan yang nyaman. Ini untuk mengantisipasi wisatawan yang memilih berwisata di sekitar pelabuhan.

Selain itu, tahun ini Pelindo III menambah investasinya memperpanjang dermaga sekitar 40 meter. Dengan penambahan ini, nantinya kapal pesiar dengan ukuran panjang yang mencapai 350 meter seperti Genting Dream CIQA ini dapat sandar di dermaga.

Kapal tidak lagi sandar di laut lepas seperti sekarang karena kondisi dermaga sekarang ini belum mendukung. “Tahun ini kami dermaga akan kami perpanjang dan melakukan penataan pendukung di pelabuhan. Upaya ini harus bersama-sama terutama destinasi harus disiapkan. Begitu kapal pesiar sandar, dampaknya adalah pariwisata di daerah ini akan berkembang lagi,” tegasnya.

Baca juga:  Devil Tear Makan Korban, Warga Tiongkok Tewas Saat Selfie

Paket tour itu seperti City Tour meliputi obyek Puri, Museum Buleleng, Gedong Kirtya, Eks Pelabuhan Buleleng, dan Lovina. Selain itu, juga ditawarkan paket tour ke Pulau Menjangan, Desa Wisata Munduk, Taman Wisata Alam (TWA) Buyan-Tamblingan, dan Desa Wisata Wanagiri.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Buleleng Nyoman Sutrisna, M.M. mengatakan, dari beberapa kali kapal pesiar sandar ada dampak dalam pengembangan pariwisata di daerahnya. Ini terbukti, sebagian besar wisatawan yang menumpang kapal pesiar tertarik mengikuti paket tour ketika kapal yang mereka tumpangi sandar di Celukan Bawang.

Dia mencontohkan, wisatawan penumpang Kapal Pesiar Denting Dream CIQA ini sekitar 1.100 wisatawan memilih paket tour yang ditawarkan. “Bersama pelaku pariwisata di daerah kita sediakan akomodiasi wisata termasuk paket tour. Sebagian besar penumpangnya turun untuk berwisata menikmati paket tour yang ditawarkan oeh pelaku pariwisata di daerah kita,” katanya. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.