motor
Suasana peluncuran fitur baru Google Maps khusus sepeda motor di Jakarta. (BP/ara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Google kembali melakukan inovasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Setelah sebelumnya meluncurkan fitur-fitur untuk layanan transportasi online, kini Google Maps meluncurkan sebuah fitur baru. Fitur tersebut adalah rute khusus sepeda motor.

Peluncuran produk baru Google Maps ini dilakukan di Beer Hall, Jl Jenderal Sudirman Kav.52-53, SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (20/3).

Hadir dalam peluncuran produk baru tersebut di antaranya Dane Glasgow, Vice President Produck Google Maps, Product Manager Google, Krish Vitaldevara, Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen, Produk Marketing Manajer Sasha Sunu, serta undangan lainnya.

Krish Vitaldevara mengatakan fitur rute sepeda motor ini merupakan salah satu perwujudan dari permintaan masyarakat. Melihat, pengguna sepeda motor di Indonesia cukup banyak. Akibatnya, fitur ini paling banyak diminta oleh pengguna Google Maps di Indonesia.

Sebelumnya, pada Google Maps hanya ada panduan untuk mobil saja. Karena itu, pihaknya kini memberikan layanan kepada pengguna sepeda motor. Tak adanya rute khusus sepeda motor, kata dia, membuat para pengendara kendaraan tersebut kesulitan dalam mencari jalur melalui aplikasi Google Maps. “Google telah menambahkan sekitar 3.000 kilometer jalan kecil dan gang, sebagai opsi rute dalam Google Maps,” ungkap Vitaldevara.

Dengan ini, rute khusus sepeda motor melengkapi empat rute lain yang telah tersedia di Google Maps, seperti rute mobil, rute pejalan kaki, rute kendaraan umum, dan rute khusus aplikasi jasa tumpangan daring.

Baca juga:  New Sx4 S-Cross, Suzuki Hadirkan Tampilan yang Premium dan Tangguh

Selain layanan khusus sepeda motor, Google Maps juga menyediakan layanan untuk penanda rute ganjil genap dan hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta. “Jadi kalau kita mau berpergian, bias lihat dulu di Google Maps, sehingga bias diarahkan untuk melintasi jalan-jalan yang tidak terhalang akibat car free day atau rute ganjil dan genap,” tambah Sasha Sunu.

Google Maps sejak 2016 juga telah bekerjasama dengan sejumlah moda transportasi online, seperti Go-jek, grab, serta Uber untuk memberikan layanan jalur yang tepat. Tahun lalu juga meluncurkan layanan informasi real time untuk KRL Comuter Line dan bus Transjakarta. Melalui fitur baru ini, penggunaan Google Maps naik dua kali lipat sejak setahun lalu.

Dane Glasgow mengatakan pihaknya ingin memberikan pengalaman yang paling cocok dengan situasi setempat dan paling sesuai untuk kebutuhan masyarakat local. Fitur khusus sepeda motor ini paling banyak diminta masyarakat Indonesia. “Semoga ini bisa menjadi panduan untuk mempermudah melakukan perjalanan dengan sepeda motor,” katanya. (asmara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.