Ilustrasi. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kebanyakan orang pernah mengalami rasa sedih dan jengkel, ketidakpuasan dengan diri sendiri dan orang di sekitar, perasaan lemah badan, letih, telat, kehilangan minat untuk apapun. Jika anda merasakan gejala-gejala ini pada diri, hati-hati lah.

Sebab, kondisi tersebut disebut pradepresi bahkan sudah menjurus ke depresi. Lalu bagaimana caranya untuk mengembalikan keinginan untuk hidup?

1. Menentukan tujuan

Mulai dari penentuan tujuan realistis untuk jangka waktu terdekat. Jangan menyusun daftar-daftar panjang dengan tujuan berskala global. Pikirkan apa yang penting untuk anda sendiri dan apa yang mungkin diwujudkan. Tercapainya tujuan itu akan membuat anda merasa puas hati dan menang dan juga mengilhami anda untuk prestasi baru.

2. Biarkan masalah jadi teman anda

Meskipun nasehat ini akan berbunyi aneh, pikirkan dulu. Apakah masalah yang sedang anda alami begitu parah? Ingatlah, segala macam kesulitan selalu merupakan teguran yang berguna dan bisa saja menjadi pengalaman yang bermanfaat untuk masa depan. Jika dunia kita tidak memiliki kesusahan, kita tidak dapat menghargai berkatnya.

3. Makan semestinya

Tentu saja tidak ada diet khusus atau resep makanan unggul untuk mengalahkan perasaan depresi. Tetapi makanan sehat akan menolong anda untuk merasakan diri lebih baik. Periksalah daftar makanan anda sehari-hari, mungkin anda sepatutnya menambahkan menu yang lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran. Sebab, kekurangan vitamin dapat menyebabkan rasa cepat lelah. Jika anda sering minum kopi atau teh, manjakan diri anda dengan coklat atau manisan yang paling disukai.

4. Pergi jalan-jalan

Coba cari waktu untuk olah-raga atau untuk jalan-jalan di ruang terbuka. Jika cuaca bagus, keduanya dapat disambung. Tidak usah untuk mengahbiskan tenaga sepenuhnya selama latihan olah-raga, karena kegiatan berupa berjalan-jalan pelan juga akan memulihkan sumber energi anda.

5. Mengalihkan perhatian anda dari pikiran sedih

Baca juga:  Diperlukan, Kepemimpinan Berjiwa Hindu dalam Pengelolaan LPD

Coba lupakan kesusahan kecil-kecil anda dan alihkan perhatian anda kepada sesuatu yang berguna dan positif. Pergi ke perpustakaan atau ke toko buku, tonton serial baru atau main sekarang di Stakers dan anda akan dapat mengalihkan emosi anda lewat permainan seru.

6. Mulai bermeditasi

Relax dan bermeditasi akan memulihkan perasaan anda. Membayangkan anda tenang dan bahagia, makmur, penuh kasih dan disayangi. Percaya diri sendiri dan perasaan anda akan pulih kembali.

7. Memperhatikan waktu tidur anda

Tidur baik dan sehat adalah cara paling bagus untuk memulihkan tenaga anda. Membiasakan diri untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama. Mandi dengan air hangat, segarkan udara di kamar tidur. Sebelum anda tertidur, jangan pikirkan tentang hal-hal yang perlu diurus besok dan jangan memikirkan tentang masalah mendesak.

8. Mengubah suasana

Pilih beberapa hari untuk pergi ke tempat yang belum pernah anda kunjungi. Bersantai di pantai, membaca buku sambil berbaring di tempat tidur gantung, melakukan arung jeram, pergi ke klub atau kasino. Pengalaman baru akan mengusir semua pikiran sedih.

9. Bergaul bersama orang yang akrab dengan anda

Cinta orang yang akrab dengan anda bisa mempunyai daya pemulihan yang ajaib. Jangan hidup sendirian, undang keluarga dan orang yang akrab dengan anda untuk ikut serta di kehidupan anda. Undang tamu atau pergi berkencan, ikut serta pertemuan teman dan tersenyum lah balik jika orang di sekeliling anda tersenyum.

10. Jangan abaikan gejala yang mengkhawatirkan

Jika anda mengerti bahwa anda tenggelam ke dalam depresi, anda tidak senang lagi dengan hal-hal yang dulu menggembirakan anda, atau anda mulai dapat pikiran bahwa kehidupan anda tidak berguna lagi, ini saatnya mencari bantuan dari orang profesional. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.