LPD Desa Pakraman Besan
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyerahkan bingkisan kepada warga pada acara gebyar undian berhadiah ke–20 di Banjar kawan Desa Besan, Minggu (11/2). (BP/adv)

MEWUJUDKAN kebersamaam dengan krama desa, Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Pakraman Besan Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung menggelar gebyar undian berhadiah ke–20 di Banjar kawan Desa Besan, Minggu (11/2). Acara tahunan ini memperebutkan hadiah utama berupa satu unit motor Honda Scoopy, dan puluhan hadian hiburan menarik lainnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang hadir pada acara tersebut mengatakan pada ranah desa, LPD memilki peran yang sangat penting untuk mendukung perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu, dalam pengelolaannya diperlukan komitmen bersama pengurus maupun pegawai LPD. “Mengelola lembaga keuangan ini tidaklah mudah. Diperlukan ketulusan, kesabaran dan komitmen yang kuat untuk maju bersama-sama,” tegasnya.

Bupati asal Nusa Ceningan ini berharap lembaga ini bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tak kalah penting, aset yang dimiliki harus tetap mendapatkan perhatian supaya nantinya tak terbelit persoalan. “Ini harus dikelola dengan baik. Hidup segilik-seguluk selunglung sebayantaka dan menyama braya harus selalu ditanamkan,” katanya.

Kepala LPD Pakraman Besan, Nyoman Sedana mengatakan memajukan lembaga ini, selain didasari kepengurusan yang sehat, juga harus didukung penuh oleh masyarakat desa pakraman. Selain itu, peran serta dari pada pengurus internal dan pihak terkait seperti halnya Badan Kerja Sama LPD (BKS-LPD), Lembaga Pemberdayaan LPD (LP-LPD) juga sangat mendorong semangat dalam peningkatan kualitas LPD agar semakin berkembang.

Baca juga:  Serius Kelola SDM, Temu Wirasa di Dawan Digelar

Disebutkan, LPD Pakraman Besan saat ini memiliki aset mencapai Rp 17.486.950.000. Dari itu mampu memperoleh laba sebesar Rp 954.175.000, sedangkan dana yang disetorkan ke desa adat Rp 190.835.000.Lebih lanjut, Nyoman Sedana berharap kedepannya LPD Besan dapat meningkatkan pelayanan untuk menjadikannya sebagai pusat marketnya lembaga keuangan di desa.

“Saya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mendukung keberadaan LPD dengan menabung, menyimpan dana atau peminjaman dana di LPD Besan, selain itu juga perkembangan LPD yang semakin baik setiap tahunnya tidak terlepas dari peran pembina seperti LP-LPD dan BKS LPD,” pungkasnya. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.