Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Softlens kerap digunakan bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Tapi saat ini, banyak juga ditawarkan softlens yang didesain untuk mempercantik bola mata.

Sayangnya, Anda sangat tidak disarankan untuk menggunakan softlens setiap hari. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Softlens memiliki efek samping terhadap kesehatan mata Anda.

1. Infeksi mata

Bahaya pertama yang akan menghantui Anda yang menggunakan softlens setiap hari adalah infeksi pada mata. Mata adalah organ tubuh yang sangat rentan.

Infeksi pada mata ini biasanya berupa iritasi dan terjadi pada hampir seluruh pengguna softlens, karena ada masanya kita lupa untuk memastikan tangan dan softlens yang kita gunakan sudah dalam keadaan benar-benar steril. Tidak hanya itu saja, karena rasa malas dan lupa, kita seringkali tidak memperhatikan tanggal kadaluarsa dari softlens yang dimana hal tersebut sangat berbahaya.

2. Mata terasa seperti terbakar

Bahaya kedua dari menggunakan softlens setiap hari adalah mata terasa seperti terbakar. Hal ini terjadi biasanya saat Anda mencoba memakai softlens di mata. Hal ini karena mata adalah organ tubuh yang sangat sensitif, setiap Anda membuka mata dan mencoba menempelkan softlens di mata, maka akan ada partikel kecil debu yang juga ikut menempel.

Baca juga:  KB Suntik, Ini Efek Sampingnya

3. Mata terasa kering

Penggunaan softlens setiap hari juga akan meningkatkan kemungkinan kondisi mata terasa kering. Hal ini terjadi karena adanya penguapan air mata atau kelenjar mata yang mengering dan hal ini sangat lumrah terjadi bagi banyak pengguna softlens.

4. Deposit cairan mata

Cairan intraocular yang asalnya dari softlens akan mendapatkan deposit dari retina mata kalian. Cairan ini akan memicu infeksi pada mata dan biasanya terjadi terutama bagi Anda yang menggunakan softlens setiap hari.

5. Alergi

Pemakaian softlens setiap hari juga akan memicu terjadinya alergi pada mata kalian. Beberapa orang mengalami alergi saat memakai softlens dan sama sekali tidak menyadarinya. Alergi ini ditandai biasanya dengan kondisi mata yang memerah, jika terus dibiarkan tentu mata akan menjadi iritasi.

Bagi pengguna softlens, sangat disarankan untuk hanya menggunakan softlens di beberapa kepentingan saja, dan selebihnya menggunakan kacamata. Anda juga dapat melakukan lasik untuk mengatasi minus mata dan mendapatkan kembali mata yang sehat. (Goes Arya/balipost)
Sumber : Tempo

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.