Wajah Jadi Cepat Tua
Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Semua orang pasti tidak ingin cepat menjadi tua. Namun, menjadi tua tidak bisa dicegah karena sudah kodrat manusia.

Meski demikian, dikutip dari klikdokter.com, Anda harus hindari 5 kebiasaan ini untuk mencegah tubuh cepat menjadi tua sebelum waktunya.

1. Gemar makanan atau minuman manis

Siapa yang tak tergoda dengan semangkuk es campur atau sepotong kue cokelat? Makanan atau minuman tinggi gula tak hanya bisa menambah lingkar pinggang, tetapi juga bisa membuat kulit Anda terlihat lebih tua.

Gula yang beredar di dalam darah akan berikatan dengan protein dan membentuk AGE atau advanced glycation end products. Semakin banyak gula yang Anda konsumsi, semakin banyak pula AGE yang terbentuk dan merusak protein di sekitarnya, seperti kolagen dan elastin (yang dibutuhkan oleh kulit untuk tetap kencang dan elastis). Akibatnya, Anda pun akan terlihat lebih tua dari usia Anda yang sebenarnya.

2. Menonton TV selama berjam-jam

Menonton serial televisi favorit atau yang sedang diperbincangkan memang membuat lupa waktu. Tak jarang Anda biasa menghabiskan waktu dengan duduk di depan TV hingga berjam-jam. Padahal, berdasarkan penelitian dari British Journal of Sports Medicine yang dilakukan pada 11.000 orang yang berusia di atas 25 tahun, setiap 4 jam waktu yang dihabiskan duduk di depan TV akan mengurangi harapan hidup sebesar 22 menit.

Bahkan, mereka yang duduk menonton TV 6 jam setiap harinya, usia harapan hidupnya berkurang 5 tahun dibanding mereka yang tidak melakukannya. Hal ini berkaitan dengan tubuh yang tidak aktif bergerak ketika duduk atau berbaring secara terus-menerus. Jadi kuncinya adalah rajin berolahraga.

Baca juga:  Dua Hal Ini, Bisa Sebabkan Kulit Berminyak

3. Sering begadang

Harus lembur menyelesaikan pekerjaan, ada film favorit, main game, atau sekadar belum mengantuk menjadi beragam alasan sebagian orang untuk tidur larut. Padahal, menurut studi yang dilakukan oleh rumah sakit St. Joseph di Amerika Serikat (AS), kurang tidur bisa berkaitan dengan menurunnya harapan hidup seseorang.

Jumlah waktu tidur yang optimal adalah 7–8 jam sehari. Kurang tidur tak hanya membuat tubuh Anda lebih cepat tua, tetapi juga dapat menyebabkan Anda kelelahan di siang hari sekaligus sulit berkonsentrasi.

4. Menghindari lemak sama sekali

Bagi Anda yang sedang berdiet, lemak ibarat musuh utama yang harus dijauhi. Padahal, tidak semua lemak buruk untuk kesehatan. Beberapa lemak baik seperti asam lemak omega-3 pada ikan salmon dan makarel, beberapa kacang-kacangan seperti kacang kenari dan almon, atau biji-bijian seperti flax seed, sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan kulit.

Sebagai bonus, Anda pun akan terlihat awet muda. Academy of Nutrition and Dietetics, AS, menganjurkan untuk konsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu.

5. Sering stres

Stres memang sulit untuk dihindari apalagi bila sehari-hari Anda dihadapkan dengan setumpuk pekerjaan, tagihan, kemacetan, atau konflik dengan pasangan. Padahal, stres dapat meningkatkan hormon kortisol dan norepinefrin di dalam peredaran darah, sehingga berakibat pada peningkatan tekanan darah dan menurunkan imunitas tubuh.

Selain itu, stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko pengerasan pembuluh darah dan pengecilan otak, yang dapat mengakibatkan penurunan daya ingat ingat dan fungsi berpikir sebelum waktunya. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.