Pisang Hijau. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pisang hijau memiliki banyak kandungan yang berguna buat kesehatan. Buah tersebut memiliki sumber serat, mengandung vitamin, mineral, dan sari pati yang berguna untuk membantu mengendalikan kadar gula darah.

Berikut delapan manfaat kandungan pisang hijau yang secara ajaib berguna untuk kesehatan :

1. Membantu Meningkatkan Penyerapan Gizi

Penelitian menyatakan mengosumsi pisang hijau dapat membantu kesehatan usus berkat asam lemak rantai pendek yang ada di dalamnya. Jenis asam lemak ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi, terutama kalsium.

2. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Dalam pisang juga ditemukan kalium berfungsi sebagai vasodilator, yang berarti dapat menurunkan ketegangan pembuluh darah dan arteri. Hal ini dapat membantu mencegah kondisi seperti serangan jantung dan stroke.

3. Membantu Pencernaan

Sementara tingginya kadar pati di pisang hijau membuat buah ini sangat baik untuk pencernaan. Ini juga karena pisang itu mengandung serat makanan yang dapat membantu mencegah kembung.

Baca juga:  Wujud Kepedulian Kesehatan Krama Bali, Jasa Raharja Bangun MCK di Desa Adat Sengkiding

4. Obat Diare

Pisang hijau memiliki kemampuan untuk mengobati dan mencegah diare. Sebab buah ini dapat membantu mengurangi kuman dalam tubuh.

5. Membantu Pengidap Diabetes

Jika anda diet karena terkena diabetes, maka makanlah pisang hijau yang direbus. Rebus mengandung gula dalam jumlah sedikit sehingga tak berbahaya dimakan hingga kenyang.

6. Meningkatkan Metabolisme

Pisang hijau mengandung mineral dan nutrisi penting yang dapat membantu mengoptimalkan metabolisme dengan menyediakan basis karbohidrat kompleks yang stabil untuk energi. Pisang hijau juga bisa mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

7. Pengendali Gula Darah

Pisang hijau mengandung vitamin B6 yang diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dan membantu pengendalian gula darah.

8. Mencegah Kanker Ginjal

Anda akan takjub mengetahui bahwa pisang hijau mentah membantu menjaga ginjal dan membuat elektrolit tubuh seimbang. Mengonsumsi pisang mentah lebih sering akan mencegah kanker ginjal. (Goes Arya/balipost)

Sumber : Okezone

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.